2 WN Malaysia yang Terlibat Aksi Jihad, Mengaku Dalang dari Bom Bali

Ilustrasi penangkapan teroris
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Guantanamo – Dua warga Malaysia yang ditahan di Teluk Guantanamo, pada Selasa, 16 Januari 2024, mengaku dalang atas pemboman di sebuah klub malam pada bulan Oktober 2002, di pulau resor Bali, Indonesia, yang menewaskan lebih dari 200 orang. Pengakuan itu adalah langkah pertama setelah kedua pria tersebut, Mohammed Farik Bin Amin, 48, dan Mohammed Nazir Bin Lep, 47, ditangkap pada 18 tahun silam di Thailand.

Sambut World Water Forum, Ditjen Imigrasi Permudah Visa hingga Siapkan Jalur Khusus

Melansir dari The New York Times, Rabu, 17 Januari 2024, hukuman dijadwalkan pada minggu depan. Pengakuan keduanya juga dipandang sebagai terobosan bagi jaksa komisi militer, yang telah mencari kesepakatan untuk menyelesaikan kasus-kasus lama terhadap mantan anggota CIA.

Tragedi penabrakan menara kembar WTC 11 September 2001.

Photo :
  • REUTER/STR New
Warung Madura di Denpasar Buka 24 Jam, Jayanegara: Jaga Ketertiban Jika Sepi Istirahat

Pembicaraan serupa dengan para tersangka yang merencanakan serangan 11 September 2001, berakhir tahun lalu setelah pemerintahan Biden menolak mempertimbangkan layanan kesehatan dan kondisi kurungan yang diminta oleh para tahanan.

Diketahui, kedua terdakwa ditahan selama bertahun-tahun di jaringan penjara rahasia luar negeri CIA.

Dua Produser Film Pick Me Trips In Bali Asal Korea Selatan Dideportasi Imigrasi Ngurah Rai

Mereka dipindahkan ke Teluk Guantanamo pada tahun 2006 untuk diadili di pengadilan khusus keamanan nasional yang dibentuk oleh Presiden George W. Bush setelah serangan 11 September.

Saat berada dalam tahanan lembaga tersebut, menurut pengacara mereka, mereka disiksa, bersama dengan tersangka pemimpin kelompok mereka Encep Nurjaman, seorang tahanan Indonesia yang dikenal sebagai Hambali.

Saat mengaku bersalah, Farik dan Nazir setuju untuk bersaksi melawan Hambali, mantan pemimpin gerakan Jemaah Islamiyah, afiliasi Al Qaeda di Asia Tenggara.

Tuduhan tersebut menjadikan mereka sebagai letnan atau prajurit Hambali yang direkrutnya untuk mengambil bagian dalam aksi bom bunuh diri yang tidak pernah disadari terhadap sasaran-sasaran AS.

Tergantung pada kesaksian yang mereka berikan, jaksa penuntut mungkin tidak perlu menggunakan pernyataan yang dibuat oleh Hambali setelah dia disiksa oleh C.I.A.

Kedua tahanan mengenakan tunik dan celana panjang tradisional ke pengadilan dan sebagian besar duduk diam di pengadilan mendengarkan persidangan melalui terjemahan bahasa Melayu.  Pengacara mereka mengajukan pengakuan bersalah atas nama mereka.

Tidak ada satupun yang ada dalam permohonan tersebut yang berkaitan dengan pemboman mobil di sebuah hotel Marriott di Jakarta pada bulan Agustus 2003 yang menewaskan 11 orang, yang merupakan tuduhan awal bagi mereka.

Jaksa juga membatalkan dakwaan terorisme, menyerang warga sipil dan objek sipil serta percobaan pembunuhan sebagai bagian dari kesepakatan pembelaan.

Meskipun tidak banyak diketahui di Amerika Serikat, bom bunuh diri di Paddy’s Pub dan Sari Club di resor pulau tersebut pada 12 Oktober 2002, masih menjadi kenangan menyakitkan di Australia dan Indonesia, yang merupakan negara dengan jumlah korban terbesar.

Sebagian besar hari dihabiskan untuk pertanyaan rinci oleh hakim militer tentang apakah mereka secara sukarela mengakui berkonspirasi dengan Hambali, Osama bin Laden dan lainnya untuk membunuh dan melukai pekerja dan wisatawan melalui pemboman di dua tempat sosial populer tersebut.

Lembar dakwaan mencantumkan 202 orang dari 22 negara yang meninggal pada hari itu, tujuh di antaranya warga Amerika.

Hakim, Letkol Wesley A. Braun dari Angkatan Udara, juga menekankan kepada para terdakwa bahwa, meskipun mereka mungkin tidak melakukan pemboman secara pribadi, mereka mengakui bertanggung jawab secara pidana karena melanggar hukum.

Sebagai bagian dari permohonannya, para terdakwa menyetujui sebuah narasi yang menggambarkan hubungan mereka dengan Al Qaeda dan gerakan Jemaah Islamiyah, dan bagaimana, kata mereka, Hambali mendorong mereka untuk pergi ke Afghanistan untuk mendapatkan senjata api dan pelatihan dasar militer dengan Al Qaeda pada tahun 2000.

Di sana, pada akhir tahun 2001, Hambali memilih mereka untuk mengambil bagian dalam serangan bunuh diri yang tidak pernah disadari terhadap Amerika Serikat, yang disebut operasi mati syahid.

Mereka juga bersumpah setia kepada Osama bin Laden, yang merupakan faktor kunci yang membuat mereka menjadi konspirator.

Dalam permohonannya, mereka tidak mengatakan bahwa mereka mengetahui atau ikut serta dalam aksi bom Bali.  Namun mereka sepakat bahwa mereka telah kembali ke Asia Tenggara pada awal tahun 2002 dan mengetahui bahwa Hambali adalah orang yang dicari sebelum dan sesudah pemboman, dan membantunya menghindari penangkapan.

Ilustrasi Anggota Kompi Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) TNI AD melakukan identifikasi terhadap paket barang tidak dikenal dalam simulasi ancaman bom di depan Hotel Claro, Makassar, Sulawesi Selatan

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Tado

Anggota keluarga korban yang terbunuh di Bali tiba di Teluk Guantanamo akhir pekan ini dari Amerika Serikat dan mungkin juga dari Australia, Inggris dan Jerman untuk tahap hukuman. Mereka juga akan dibawa ke markas minggu depan untuk memutuskan hukuman kurang dari seumur hidup.

Baik narasi maupun perjanjian praperadilan yang dicapai orang-orang tersebut dengan jaksa dan pejabat senior Pentagon tahun lalu tidak dipublikasikan untuk melindungi informasi tersebut dari juri militer.

Di Guantanamo, kesepakatan semacam itu biasanya mencakup rentang hukuman yang dapat dipertimbangkan oleh juri dan, kemungkinan besar, kesepakatan sampingan mengenai apakah mereka dapat menjalani hukuman di tanah air mereka.

Berdasarkan kesepakatan praperadilan, orang-orang tersebut akan memberikan kesaksian di bawah sumpah terhadap Hambali jika mereka dipulangkan ke Malaysia untuk menjalani hukuman, dan tidak dapat memberikan kesaksian di persidangan Hambali. Jaksa telah mengusulkan tanggal persidangan pada tahun 2025.

Jaksa diperkirakan akan mengambil kesaksian tersebut melalui deposisi akhir pekan ini, dengan melibatkan tim kuasa hukum Hambali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya