10 Pemimpin Dunia yang Kontroversi, No 4 Disebut Diktator

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.
Sumber :
  • Times of india

VIVA – Dalam panggung geopolitik global, beberapa pemimpin dunia menonjol dengan keputusan dan tindakan kontroversial yang telah menciptakan gelombang kontroversi di seluruh dunia. 

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Dari kebijakan eksternal yang kontroversial hingga masalah kehidupan pribadi yang mencuat, berikut ini 10 pemimpin dunia paling kontroversial yang telah menjadi sorotan perhatian internasional yang dihimpun dari berbagai sumber. 

1. Vladimir Putin (Rusia)

The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit

VIVA Militer: Presiden Rusia, Vladimir Putin

Photo :
  • nextgov.com

Presiden Rusia ini telah menjadi pusat perhatian internasional karena kebijakan luar negerinya yang kontroversial, seperti aneksasi Krimea dan dukungannya terhadap pemerintah Suriah yang kontroversial.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

2. Xi Jinping (China)

VIVA Militer: Presiden China, Xi Jinping

Photo :
  • Fortune

Presiden China ini mendapat sorotan karena langkah-langkah otoritarian yang diambilnya, termasuk pengawasan ketat terhadap warga negara dan tindakan keras terhadap oposisi politik. Sehinga namanya masuk ke dalam daftar pemimpin dunia yang kontroversial. 

Recep Tayyip Erdogan

Photo :
  • VIVA

Presiden Turki ini memicu kontroversi dengan kebijakan dalam negeri yang otoriter, penghapusan hak-hak jurnalis, dan intervensi militer yang menimbulkan pertanyaan etika. Hal itu yang membuatnya disebut sebagai salah satu pemimpin dunia yang kontroversial. 

4. Kim Jong Un (Korea Utara)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Photo :
  • Korean Central News Agency/Korea News Service via AP.

Kim Jong Un disebut sebagai seorang diktator muda Korea Utara yang memimpin negaranya dengan rezim yang sangat tertutup dan kebijakan nuklir yang menimbulkan ketegangan di tingkat internasional.

5. Jair Bolsonaro (Brasil)

Mantan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro

Photo :
  • AP Photo/Bruna Prado

Mantan Presiden Brasil ini terkenal dengan pandangannya yang kontroversial terkait lingkungan, hak-hak LGBTQ+, dan kebijakan hutan hujan Amazon yang menuai kecaman internasional.

6. Nicolas Maduro (Venezuela)

VIVA Militer: Presiden Venezuela, Nicolas Maduro

Photo :
  • USA Today

Kepemimpinan kontroversial Maduro telah menimbulkan krisis ekonomi dan politik di Venezuela, dengan tuduhan pelanggaran hak asasi manusia dan represi terhadap oposisi.

7. Donald Trump (AS)

VIVA Militer: Presiden Amerika Serikat ke-45, Donald Trump

Photo :
  • nbcnews.com

Mantan Presiden Amerika Serikat ini terkenal dengan gaya kepemimpinan yang kontroversial, kebijakan imigrasi yang memicu perdebatan, dan sikapnya yang kontroversial di dunia politik.

8. Rodrigo Duterte (Filipina)

Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Photo :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Wisnu Widiantoro

Mantan Presiden Filipina ini dikenal dengan kampanyenya yang kontroversial terhadap narkoba, yang dianggap telah menimbulkan pelanggaran terhadap hak asasi manusia.

9. Bashar al-Assad (Suriah)

VIVA Militer: Presiden Suriah, Bashar al-Assad

Photo :
  • Middle East Eye

Presiden Suriah ini telah terlibat dalam konflik internal yang berkepanjangan, dengan tuduhan serius tentang pelanggaran hak asasi manusia dan penggunaan senjata kimia.

10. Narendra Modi (India)

Perdana Menteri India Narendra Modi berbicara dalam Pertemuan Puncak (KTT) Ke-20 ASEAN-India di Balai Sidang Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Photo :
  • ANTARA/Katriana.

Perdana Menteri India ini memicu kontroversi dengan kebijakan terkait agama dan kewarganegaraan, serta tindakan keras terhadap Kashmir yang menciptakan ketegangan di wilayah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya