5 Anggota Penting Militer Iran Tewas Kena Bom Israel

VIVA Militer: Serangan rudal balistik militer Iran
Sumber :
  • sputniknews.com

Damaskus – Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) mengatakan bahwa lima dari "penasihat militernya" telah tewas dalam sebuah serangan udara Israel di sebuah bangunan perumahan di ibukota Suriah, Damaskus.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Dilansir dari Aljazeera dan SANA, Minggu, 20 Januari 2024,  mengungkapkan bahwa serangan pada hari Sabtu itu terjadi di lingkungan Mazzeh. Dikatakan bahwa "agresi Israel" menargetkan bangunan tersebut.

VIVA Militer: Kapal perang Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC)

Photo :
  • washingtonpost.com
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Iran juga menyalahkan Israel atas serangan tersebut, dan mengatakan bahwa pihaknya "berhak untuk merespon". Juru bicara kementerian luar negeri Nasser Kanani mengatakan bahwa Teheran akan merespons "pada waktu dan tempat yang tepat", dan mengutuk "eskalasi serangan agresif dan provokatif" oleh Israel.

Sebuah sumber yang memiliki informasi yang baik mengatakan kepada Al Jazeera bahwa targetnya adalah unit intelijen IRGC, dan menambahkan bahwa seorang pejabat intelijen senior IRGC di Suriah dan para asistennya berada di dalam gedung.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Dalam sebuah pernyataan segera setelah serangan itu, IRGC mengatakan bahwa serangan udara yang dilakukan oleh jet tempur Israel telah menewaskan "sejumlah pasukan Suriah dan empat penasihat militer". IRGC mengidentifikasi mereka yang tewas sebagai Hojjatollah Omidvar, Ali Aghazadeh, Hossein Mohammadi, dan Saied Karimi, tanpa menyebutkan nama-nama mereka.

Kemudian pada hari itu, IRGC mengatakan anggota kelima pasukan elit itu juga tewas setelah menyerah pada luka-lukanya, dan menyebutnya sebagai Mohammad Amin Samadi, demikian laporan media pemerintah Iran.

Televisi pemerintah Iran menyebutnya sebagai serangan "teroris" oleh Israel, yang belum memberikan komentar.

Serangan tersebut, yang diyakini dilakukan dengan setidaknya empat rudal, menghancurkan sebuah bangunan empat lantai, menurut media pemerintah Iran. Setidaknya satu orang dibawa ke rumah sakit.

VIVA Militer: Serangan roket Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC)

Photo :
  • al-monitor.com

Ketegangan Meluas

Serangan hari Sabtu terjadi di tengah-tengah meluasnya ketegangan di wilayah tersebut dan serangan Israel ke Gaza yang telah menewaskan hampir 25.000 orang.

Israel has carried out hundreds of strikes on Iran-linked targets inside government-controlled parts of war-torn Syria in recent years.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya