Iklim Berubah Drastis, Arab Saudi Bakal Dilanda Salju dan Hujan Es

Video viral Kabah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi turun hujan salju
Sumber :
  • Twitter

Arab Saudi – Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi baru-baru ini memberikan peringatan serius soal kondisi cuaca ekstrem yang diperkirakan bakal melanda sebagian wilayah. Menurut perkiraan, salju dan suhu beku akan terjadi di sejumlah daerah di Arab Saudi. 

Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi

Selain itu, beberapa daerah yang lain akan mengalami hujan ringan hingga sedang, angin permukaan berdebu, dan gelombang tinggi. Cuaca buruk yang tidak menguntungkan itu akan berlangsung selama beberapa hari yang mencakup beberapa wilayah di sana. 

Melansir dari Arab News, hujan ringan diprediksi terjadi di kawasan Asir, sedangkan wilayah Jazan dan Al-Baha berpotensi mengalami hujan ringan dan sedang. Daerah seperti Taif, Maysan, Adham, dan Al-Ardiyat akan mengalami hujan ringan. 

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Arab Saudi Hujan Salju

Photo :
  • Tangkapan Layar: Twitter

Selain itu, pemerintah setempat juga memperkirakan bahwa hujan ringan akan terjadi di sejumlah wilayah lain di Arab Saudi yang termasuk Tabuk, Hafr Al-Batin, Al-Khafji, Al-Eis, AlUla, Yanbu, Khaybar, Perbatasan Utara, dan Al-Jawf. 

NasDem Mau Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Kita Sadar Diri

Angin permukaan dengan kecepatan 45 kilometer per jam atau lebih akan menimpa sejumlah wilayah seperti Tabuk, Madinah, Makkah, Al-Jawf, Perbatasan Utara, dan Hujan Es. Akibat cuaca buruk tersebut, jarak pandang akan semakin pendek. 

Sedangkan gelombang tinggi diperkirakan bakal terjadi sekitar 2,5 meter di kawasan Tabuk, Madinah, Makkah, Asir, dan Jazan. Sedangkan bagian Jabal Al-Lawz, juga dikenal sebagai Gunung Almond, Alaqan, Al-Dhahr di Tabuk, serta wilayah Al-Jawf dan Perbatasan Utara, akan mengalami hujan salju ringan. 

Video viral Kabah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi turun hujan salju

Photo :
  • Twitter

Pemerintah setempat juga mengatakan bahwa suhu udara akan turun sampai 5 derajat celcius dan di bawah nol di beberapa wilayah seperti Tabuk, Al-Jawf, Perbatasan Utara, Hail, AlUla, dan Khaybar. Untuk memastikan keamanan, pihak Arab Saudi meminta masyarakat selalu mengecek pembaruan status secara online. 

Prakiraan cuaca ini bisa diperiksa secara online melalui halaman peringatan dini, akun media sosial, dan aplikasi cuaca untuk mendapatkan informasi terkini. Penting untuk tetap waspada, mengikuti pedoman keselamatan, dan mematuhi instruksi yang dikeluarkan pemerintah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya