Terkuak, Ini Deretan Alasan Jerman Murka dengan Israel

VIVA Militer: Tentara Israel di Jalur Gaza, Palestina
Sumber :
  • thenationalnews.com

Jakarta – Sejak akhir tahun lalu hingga saat ini, Pemerintah Jerman telah menunjukkan kekecewaannya terhadap Israel karena invasi yang dilakukan ke Gaza yang menyebabkan puluhan ribu warga Palestina tewas. Selain itu, dalam sidang di Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag, Belanda, Israel terbukti melakukan kejahatan perang.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Konferensi Keamanan Munich juga telah mendorong Jerman untuk mengambil tindakan tegas terhadap Israel, dengan mengatakan bahwa Berlin memiliki tanggung jawab untuk menegur pemerintahan Netanyahu ketika melanggar hukum internasional.

Diketahui, Jerman tetap mempertahankan posisinya dalam membela hak Israel untuk bertahan dan menolak seruan gencatan senjata di Gaza. Mereka juga memberikan dukungan kepada Israel di Mahkamah Internasional, di mana Afrika Selatan telah mengajukan kasus yang menuduh Israel melakukan genosida.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

VIVA Militer: Tentara Israel di terowongan bawah tanah pasukan Hamas

Photo :
  • yankton.net

Namun, sikap ini telah merusak hubungan Jerman dengan beberapa negara di dunia Arab dan negara-negara di Selatan Global, sebuah kelompok negara yang akan diwakili dengan baik dalam Konferensi Keamanan Munich bulan depan dan ingin diakomodasi oleh Heusgen.

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Menentang Berdirinya Negara Isarel

Dalam sebuah wawancara dengan Financial Times, Christoph Heusgen, penasihat kebijakan luar negeri mantan kanselir Angela Merkel, mengkritik keras Israel karena menentang negara Palestina.

"Kebijakan tersebut mewakili pelanggaran hukum internasional, seperti halnya – mengutip Presiden AS Joe Biden – pemboman tanpa pandang bulu di Gaza,” kata Heusgen.

Ketika ditanya tentang penolakan Netanyahu terhadap solusi dua negara, Heusgen mengatakan dia tidak tahu “bagaimana Israel membayangkan masa depannya ketika mereka tidak menginginkan negara Palestina dan harus mendirikan pagar tinggi di sekitar wilayah Palestina”.

Heusgen adalah penasihat Merkel ketika ia pertama kali mengartikulasikan gagasan bahwa keamanan Israel adalah “Staatsräson” Jerman, atau demi kepentingan nasional Jerman. Dia mengatakan hal itu berarti Jerman tidak akan ragu untuk menyediakan semua senjata yang dibutuhkan Israel untuk melindungi diri dari musuh-musuhnya.

Melakukan Serangan Membabi-Buta di Gaza

VIVA Militer: Tentara Israel di wilayah Khan Younis, Gaza, Palestina

Photo :
  • thesun.ie

Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock baru-baru ini menggambarkan kehidupan di Gaza sebagai “neraka”, dan menyerukan pemerintah Israel untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi warga Palestina di Tepi Barat dari serangan pemukim ekstremis.

Dia juga mengeluh kepada Israel tentang keterlambatan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza yang terkepung dan menuntut Israel berbuat lebih banyak untuk menghindari jatuhnya korban sipil dalam perang melawan Hamas.

Memperluas Pemukiman Yahudi Hingga di Gaza

Para pejabat Jerman juga mengecam konvensi di Yerusalem pada akhir pekan, yang dihadiri oleh tokoh-tokoh senior dalam pemerintahan koalisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang menyerukan Israel untuk memperluas pemukimannya ke Gaza.

“Gagasan mendeportasi penduduk Palestina dari Gaza dan membangun kembali pemukiman di sana benar-benar tidak dapat diterima,” kata Sebastian Fischer, juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman, pada hari Senin.

“Siapa pun yang mengira Anda dapat mencapai keamanan bagi Israel melalui fantasi deportasi jelas berada di jalur yang salah.”

Menghalangi Bantuan Kemanusiaan yang Datang untuk Palestina

Tentara Israel Kibarkan Bendera dan Menyanyikan Lagu Kebangsaan di Pantai Gaza

Photo :
  • Aljazeera

Jerman mengharapkan Israel untuk menyesuaikan strategi militernya guna mencegah penderitaan warga sipil Palestina dengan lebih baik. Demikian disarankan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock.

“Kami berharap Israel… mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan, terutama di wilayah utara, untuk memastikan tindakan militernya lebih tepat sasaran dan menyebabkan lebih sedikit korban sipil,” kata Baerbock.

Sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza telah diusir dari rumah mereka dan penduduk mengatakan tidak mungkin mendapatkan perlindungan di daerah kantong padat penduduk tersebut, dengan sekitar puluhan ribu orang telah terbunuh dan konflik semakin meningkat.

“Pertanyaan tentang bagaimana Israel melakukan pertempuran ini merupakan inti dari perspektif solusi politik,” tambah Baerbock.

Kanselir Jerman Olaf Scholz menyerukan kepada Israel untuk mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Gaza dan mengecam kekerasan yang dilakukan pemukim Yahudi di Tepi Barat, termasuk dalam panggilan telepon pada hari Sabtu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya