Kapal Dewa Ruci Raih Penghargaan di Norwegia

Perwakilan KRI Dewa Ruci menerima penghargaan di Norwegia
Sumber :
  • VIVAnews/Dokumentasi KBRI Oslo

VIVAnews - Kapal layar kebanggaan Indonesia, KRI Dewa Ruci, kembali mendulang prestasi di tingkat internasional. Dalam lomba "Tall Ships Races" di Norwegia, 29 Juli - 1 Agustus 2010, kapal latih taruna Angkatan Laut itu memperoleh penghargaan sebagai kapal layar dengan formasi terbaik saat berlabuh (the most spectacular entrance).

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Norwegia mengungkapkan bahwa Dewa Ruci juga menerima tiga penghargaan lain, yaitu untuk pertandingan olah raga cabang tenis meja dan voli pantai, serta lomba susun peti (crate stacking).

Keempat penghargaan tersebut secara bergantian diserahkan oleh Menteri Kebudayaan Norwegia, Anniken Huitfeldt, dan Walikota Kristiansand, Per Sigurd Sorensen, kepada perwakilan awak kapal dan Taruna TNI-AL. 

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Penyerahan penghargaan disaksikan puluhan ribu pengunjung dan sekitar 5.000 awak kapal layar peserta Tall Ships Races 2010 dari 18 negara usai parade berkeliling kota pelabuhan Kristiansand, 30 Juli 2010.

Kemenangan awak kapal KRI Dewa Ruci dirayakan dengan ajakan menari poco-poco di atas geladak kapal. Selama singgah di Kristiansand, KRI Dewa Ruci setiap hari terbuka untuk dikunjungi oleh warga umum.

Ribuan pengunjung setiap hari berkesempatan mengagumi kapal layar bertiang tinggi itu, yang meski tua namun tetap tampak gagah dan artistik dengan ornamen ukiran kayu khas Jepara.

"Terik matahari dan hujan yang datang silih berganti tampak tidak menghentikan semangat Dewa Ruci dalam upaya melaksanakan tugasnya sebagai goodwill ambassador Indonesia selama kegiatan di Kristiansand," kata Bjarne Ugland, Ketua Penyelenggara Tall Ship Races 2010

Duta Besar RI untuk Norwegia, Esti Andayani, menyatakan bahwa promosi yang dilakukan Dewa Ruci selama sandar di Kristiansand telah meninggalkan kesan mendalam bagi masyarakat setempat dan Indonesia makin dikenal oleh Norwegia.

Meninggalkan Kristiansand Dewa Ruci selanjutnya menuju pelabuhan di Hartlepool, Inggris. (umi)

Ibunda Angger Dimas meninggal dunia

Kabar Duka, Ibunda Angger Dimas Meninggal Dunia

Kabar duka itu disampaikan langsung oleh Angger Dimas dalam unggahan di Instagram pribadinya pada Rabu, 17 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024