6 Negara Asia yang Kini Haruskan Warganya Wajib Militer, Perkuat Negara dengan Tentara

Ilustrasi tentara Myanmar
Sumber :
  • AP News

VIVA Dunia – Di tengah dinamika geopolitik yang terus berkembang di kawasan Asia, sejumlah negara telah mengadopsi kebijakan wajib militer sebagai bagian integral dari sistem pertahanan nasional mereka. Langkah ini tidak hanya mencerminkan kompleksitas ancaman keamanan yang dihadapi oleh negara-negara tersebut, tetapi juga menciptakan identitas kebangsaan dan solidaritas dalam memperkuat pertahanan bersama.

Tentara Israel Jatuh Cinta ke Intel Iran yang Nyamar Jadi Wanita, Bocorkan Rahasia Militer

Dari wilayah Asia Timur hingga Asia Tenggara, wajib militer telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan warga negara. Kebijakan ini bukan hanya sekadar kewajiban hukum, tetapi juga membentuk nilai-nilai kedisiplinan, keberanian, dan loyalitas terhadap negara.

Nah, berikut ini enam negara di Asia yang mewajibkan masyarakatnya untuk ikut wajib militer:

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Myanmar

Ilustrasi tentara Myanmar

Photo :
  • AP News
2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Myanmar adalah negara baru di Asia Tenggara yang mengharuskan warganya untuk ikut wajib militer. Pemerintah militer Myanmar pada hari Sabtu untuk pertama kalinya mengaktifkan undang-undang wajib militer yang telah berlaku selama satu dekade yang mewajibkan pria dan wanita muda untuk menjalani wajib militer setidaknya dua tahun jika dipanggil, dan akan segera berlaku.

Berdasarkan Undang-Undang Dinas Militer Rakyat tahun 2010, yang disahkan pada masa pemerintahan militer sebelumnya, laki-laki berusia 18 hingga 45 tahun dan perempuan berusia 18 hingga 35 tahun dapat wajib militer selama dua tahun, dan dapat diperpanjang hingga lima tahun selama keadaan darurat nasional.

Usia tertua masyarakat yang wajib wajib militer adalah 35 tahun untuk pria dan 27 tahun untuk wanita, dan rentang usia yang lebih tinggi berlaku untuk pria dan wanita dalam kategori profesional tertentu, seperti dokter dan insinyur medis, dan masa kerja mereka adalah tiga bertahun-tahun.

Dewan militer yang berkuasa saat ini, yang disebut Dewan Administrasi Negara, berkuasa pada tahun 2021 setelah menggulingkan pemerintahan sipil terpilih Aung San Suu Kyi.

Thailand

Aksi Densus Antiteror Hanuman memburu tentara pelaku penembakan massal di Thailand, Sabtu, 8 Februari 2020.

Photo :
  • The News Daily

Undang-Undang Dinas Militer tahun 1954 di Thailand mewajibkan semua pria Thailand untuk mendaftarkan diri dalam pasukan cadangan militer ketika mereka berusia 18 tahun.

Mereka memenuhi syarat untuk wajib militer pada usia 21 tahun. Setiap tahun di bulan April, anggota baru dipilih untuk wajib militer melalui sebuah sistem undian bergaya lotere, kecuali warga tersebut menjadi sukarelawan.

Korea Selatan

VIVA Militer: Tentara Korea Selatan

Photo :
  • Website Newsweek

Semua pria Korea Selatan yang berbadan sehat, dan berusia antara 18 dan 28 tahun, diharuskan menjalani wajib militer selama 1,5 hingga 2 tahun sebagai bagian dari program wajib militer untuk menjaga dari ancaman Korea Utara.

Namun ada pengecualian bagi artis dan atlet yang membawa prestasi bagi negara seperti meraih penghargaan nasional atau internasional, medali di Olimpiade atau Asian Games.

Taiwan

VIVA Militer : Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bersama perwira tentara Taiwan

Photo :
  • IPDF

10% dari 188.000 kekuatan militer Taiwan terdiri dari para warganya yang diharuskan untuk ikut wajib militer. Pemerintah mengumumkan peningkatan durasi wajib militer dari 4 bulan menjadi 12 bulan mulai tahun 2024, karena meningkatnya tekanan militer dan diplomatik dari Tiongkok.

Singapura

Wajib militer adalah tugas nasional di Singapura. Semua warga negara dan penduduk tetap generasi kedua, setelah mencapai usia 18 tahun, diwajibkan untuk bertugas selama dua tahun di Angkatan Bersenjata Singapura, Kepolisian Singapura, atau Angkatan Pertahanan Sipil Singapura.

Hampir satu juta warga Singapura hingga saat ini telah mengikuti program wajib militer nasional.

Korea Utara

VIVA Militer: Pasukan Tentara Rakyat Korea Utara (KPA)

Photo :
  • usnews.com

Pendaftaran militer terjadi dua kali setahun di Korea Utara pada bulan April dan Agustus. Lulusan sekolah biasanya mendaftarkan diri ketika berusia 18 tahun. Laki-laki diwajibkan untuk melakukan wajib militer untuk jangka waktu 10 tahun.

Perempuan biasanya menjalani wajib militer secara sukarela hingga tahun 2015 ketika Pyongyang juga memperkenalkan wajib militer bagi perempuan, yang akan dimulai setelah lulus sekolah menengah atas dan berakhir ketika mereka berusia 23 tahun. Korea Utara memiliki masa wajib militer terlama di dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya