5 Negara dengan Anggaran Militer Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

VIVA Militer: Ilustrasi robot prajurit militer Inggris
Sumber :
  • dailystar.co.uk

Jakarta – Negara yang memiliki kekuatan yang kuat seringkali didukung oleh kekuatan militer yang besar. Biasanya, semakin besar kekuatan militer, semakin besar pula anggaran yang dialokasikan untuknya.

BI Proyeksikan Suku Bunga The Fed Turun Satu Kali pada 2024

Berdasarkan laporan Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) pada tahun 2022, anggaran militer global mencapai US$2,24 triliun, meningkat sebesar 3,7% secara tahunan (year-on-year/yoy). Menurut SIPRI, selama periode 2013-2022, anggaran militer global tumbuh sebesar 19%, dengan pertumbuhan yang terutama terjadi sejak tahun 2015.

Puncaknya terjadi pada tahun 2023, dimana anggaran militer global mengalami peningkatan yang signifikan akibat meningkatnya ketegangan internasional yang memicu banyak negara untuk meningkatkan belanja anggaran militer mereka. Berikut daftarnya:

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

VIVA Militer: Ilustrasi Kapal perang Angkatan Laut Rusia (VMF)

Photo :
  • Sputnik News

1. Amerika Serikat

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Di posisi nomor Wahid ditempati Amerika Serikat (AS). Melansir laporan The International Institute for Strategic Studies (IISS), AS mengucurkan bujet anggaran pertahanan sebesar USD801 miliar pada 2021. Jumlah itu setara dengan Rp11.581triliun.

2. China

Sebagai kekuatan baru ekonomi di abad ke-21, China berhasil menempati urutan kedua dengan anggaran pertahanan sebesar USD292 miliar atau setara dengan Rp4.236 triliun.,

3. Rusia

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)

Photo :
  • slidstvo.info

Menempati posisi ketiga sebagai negara dengan anggaran pertahanan terbesar di dunia, Rusia diketahui menggelontorkan anggaran pertahanan sebesar USD86,4 miliar atau setara Rp1.296 triliun.

4. India

Tampil sebagai negara keempat dengan jumlah anggaran pertahanan terbesar di dunia,  negara Bollywood ini mengeluarkan bujet anggaran sebesar USD76.6 miliar atau Rp1.107 triliun.

5. Arab Saudi

VIVA Militer: Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman

Photo :
  • AboutHer

Melengkapi posisi kelima sebagai negara dengan anggaran pertahanan terbesar di Indonesia ada Arab Saudi. Negeri penghasil minyak tersebut mampu menggelontorkan bujet USD75 miliar atau setara Rp1.125 triliun.

Lantas, bagaimana dengan posisi Indonesia? Diketahui, Indonesia menempati urutan ke-27 pada tahun 2022. Hal ini karena anggaran belanja militer di Indonesia mencapai Rp133 triliun.  Jumlah tersebut naik 5,97% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp125,89 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya