China Siap Bekerja Sama dengan Prabowo-Gibran

Debat Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Pemerintah China merespons positif Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia yang digelar serentak 14 Februari 2024 berjalan dengan lancar. China menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintahan yang baru.  

Badan Saksi Nasional Golkar Optimis Menang 70 Persen di Pilkada 2024

Pernyataan tersebut menanggapi hasil pemilihan presiden dimana pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul sementara memimpin hasil penghitungan cepat atau quick count. 

"China ingin melanjutkan kerja sama dengan Indonesia untuk membangun relasi yang memiliki rasa saling percaya," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataan tertulis dilansir Antara, Jumat 16 Februari 2024

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

China mengaku sangat menjaga hubungan baik dengan Indonesia. Mereka pun menyebut Indonesia sebagai adalah tetangga karib. "China sangat menjaga hubungan baik dengan Indonesia," ungkapnya

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Mao Ning.

Photo :
  • ANTARA/M. Irfan Ilmie
PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Dalam pernyataan tersebut, Otoritas Beijing menyatakan hubungan China-Indonesia dalam beberapa tahun terakhir telah mempertahankan momentum yang kuat dan membuka babak baru untuk bersama-sama membangun komunitas dengan masa depan bersama.

"China akan terus memperdalam kerja sama strategis secara menyeluruh dan mendorong hubungan China-Indonesia yang sehat dan stabil dalam jangka panjang dengan tema utama membangun komunitas yang memiliki masa depan bersama sehingga dapat menciptakan manfaat bagi kedua masyarakat," tulis pernyataan itu.

Diketahui, berdasarkan hasil sementara hitungan resmi atau real count KPU di 387.047 dari 823.236 TPS atau sekitar 47.02 persen (16/2 pukul 00.00 Wib), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mendapatkan 28.161.447 suara atau 56,95 persen 

Disusul pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan 12.446.851 suara atau sebesar 25,17 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapat 8.840.280 suara atau sebesar 17,88 persen.

Sementara berdasarkan data quick count atau hitung cepat berbagai lembaga survei, Prabowo-Gibran memperoleh suara sekitar 58-59 persen. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya