Karachi Mencekam, 45 Orang Tewas

Ambulans di lokasi pengeboman Senin 28 Desember 2009 di Karachi
Sumber :
  • AP/ Shakil Adil

VIVAnews - Kawanan bersenjata di Pakistan menimbulkan kericuhan di kota terbesar Karachi hingga menewaskan sedikitnya 45 orang. Tindakan anarki ini merupakan bentuk balas dendam menyusul insiden pembunuhan seorang tokoh politik terkemuka.

Hari ini, Selasa, 3 Agustus 2010, sekolah-sekolah dan sebagian besar toko di wilayah selatan kota berpenduduk 16 juta jiwa tersebut tak beroperasi. Puluhan kendaraan dan toko dibakar. Petugas keamanan berusaha mengambil alih kontrol di Karachi.

Kerusuhan oleh sekelompok orang tertentu ini terjadi karena Raza Haider, seorang tokoh politik, ditembak mati bersama pengawal pribadinya di sebuah masjid. Haider dibunuh saat sedang bersiap melakukan ibadah salat Jumat di kawasan Nazimabad pada Senin, kemarin.

Haider adalah anggota Muttahida Qaumi Movement, partai politik yang menguasai kota dan mewakili keturanan migran penutur Urdu dari India yang menetap di Pakistan saat dibentuk tahun 1947.

Beberapa jam usia pembunuhan Haider, kelompok bersenjata membakar bangunan di Karachi, dan baku tembak terjadi di beberapa bagian kota. Investigasi sedang dilakukan untuk mengungkap pihak di balik serangan tersebut. (Associated Press)

Lancar Banget, Begini Momen Rizky Febian Ijab Kabul di Akad Nikahnya

(umi)

Pesawat Boeing 737 di Senegal (Doc: CNA)

Pesawat Boeing 737 Terbakar di Senegal, 10 Orang Luka-luka

Pesawat Boeing 737 yang membawa 85 orang penumpang tergelincir di landasan sebelum lepas landas di bandara Dakar, ibu kota Senegal. Akibatnya 10 orang mengalami luka-luka

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024