Pabrik Kembang Api Meledak di India, 10 orang tewas dan 15 Lainnya Terluka

Ilustrasi api.
Sumber :
  • Pixabay.

India – Sebanyak Sepuluh orang dilaporkan tewas dan 15 lainnya terluka setelah terjadi ledakan besar di pabrik kembang api di India, Sabtu, 17 Februari 2024, insiden itu terjadi tepatnya di Virudhunagar negara bagian Tamil Nadu.

Sebelum Bunuh Diri, Brigadir RAT Izin Kunjungi Kerabat di Jakarta Sejak 10 Maret

Petugas polisi, Feroze Khan Abdullah, mengatakan bahwa ledakan itu disebabkan oleh kebakaran yang terjadi di dalam pabrik tersebut dan tidak butuh lama api segera dapat dikendalikan.  

“Sepuluh pekerja tewas dalam ledakan yang terjadi setelah kebakaran di pabrik tersebut, dan lima dari 15 pekerja yang terluka telah dirawat di rumah sakit,” kata Abdullah, dikutip CNA Minggu, 18 Februari 2024.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

Kebakaran di pabrik kembang api di Thailand

Photo :
  • Al Jazeera

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 12 siang, ketika para karyawan sedang mencampurkan bahan kimia untuk membuat kembang api yang rumit. Proses ini diketahui memiliki risiko kebakaran yang tinggi.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Berdasarkan protokol keselamatan, menetapkan maksimal dua orang yang berada di area tersebut selama produksi berlangsung. Namun, penyelidik awal mengungkapkan bahwa lebih banyak orang yang hadir, baik di dalam maupun diluar. Kemungkinan besar berkontribusi terhadap tungginya jumlah korban.

Menanggapi tragedi tersebut, Ketua Menteri Tamil Nadu Mk Stalin, menyampaikan belasungkawa kapada keluarga korban, sekaligus mengumumkan bantuan keuangan untuk keluarga korban.

Setiap keluarga korban yang meninggal akan diberikan santunan sebesar 300 rupee atau sekitar rp 56 juta, sementara korban yang luka parah diberikan 100 rupee sekitar rp 18 juta.

Selain itu, Stalin mengerahkan otoritas untuk mengawasi operasi penyelamatan dan bantuan serta memastikan bahwa korban menerima perhatian dan dukungan medis yang layak.

Sebagai informasi lebih lanjut, kecelakaan pabrik sering terjadi di India, dengan pemilik sering mengabaikan prosedur keselamatan dasar dan beroperasi tanpa izin.

Pada Jumat, 16 Februari 2024, 11 orang tewas dalam kebakaran besar yang melanda pabrik cat di ibu kota India, New Delhi. Delapan orang tewas dan 80 lainnya luka-luka imbas ledakan di pabrik kembang api, yang memicu kebakaran besar di negara bagian Madhya Pradesh.

Salah satu kebakaran terburuk di India terjadi di sebuah sekolah di negara bagian Haryana di utara pada tahun 1985, ketika 442 orang tewas, 258 di antaranya adalah anak-anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya