Alasan 8 Negara Ini Lakukan Program Makan Siang Gratis Seperti Janji Prabowo-Gibran

Ilustrasi makan siang gratis
Sumber :
  • Suistanweb

VIVA – Program makan siang gratis Prabowo-Gibran memang menjadi program unggulan mereka. Namun program ini juga menjadi sorotan belakangan ini.

Adipati Dolken Berencana Gak Sekolahkan Anak, Netizen Setuju: Gak Kepake Juga Ilmunya

Ternyata program makan siang gratis ini sudah diterapkan di beberapa negara. Apa alasan mereka membuat program makan siang gratis ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini, yang dikutip dari Sustainweb, Selasa, 20 Februari 2024.

1. India

Ekonom Sebut Omnibus Law Jadi PR Prabowo-Gibran

Sejak tahun 1995, program pemberian makan siang di India telah menyediakan makanan siang bagi 125 juta anak usia 6-14 tahun. Dengan anggaran sebesar $2,8 miliar (sekitar Rp43,8 triliun) dari pemerintah, program ini memastikan setiap anak dapat menikmati makanan hangat tanpa harus meminta-minta.

Program ini merupakan program pemberian makanan sekolah terbesar di dunia dan bertujuan untuk mengurangi kelaparan anak, meningkatkan partisipasi dan kehadiran di sekolah, serta mencapai banyak tujuan lainnya. 

Prabowo Akui Dekat NU Sejak Prajurit Muda: Kalau Orang Menghadapi Maut yang Dicari Kiai

Selain itu, program ini meningkatkan kesehatan gizi, hasil pendidikan, dan bahkan terbukti memiliki dampak antargenerasi, dengan jumlah anak pendek yang lahir dari ibu yang menjadi peserta program pemberian makanan sekolah lebih sedikit, yang merupakan indikator umum dari kurangnya gizi.

2. Brazil

Makan siang gartis di sekolahan Brasil

Photo :
  • NPR

Sejak tahun 1940-an, Brazil telah memberikan makanan sekolah gratis kepada anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah. Namun, pada tahun 2009, mereka memperluas program tersebut untuk mencakup semua anak, yang berarti mencakup 40 juta anak!

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap bukti yang semakin banyak bahwa pemberian makanan sekolah gratis dapat membantu mengatasi masalah obesitas dan meningkatkan pendidikan gizi. 

Sekarang, skema ini menggunakan jaringan nasional yang terdiri dari 8.000 ahli gizi untuk merancang menu makanan sekolah. Program tersebut juga mensyaratkan bahwa minimal 30% makanan yang disajikan berasal dari peternakan keluarga lokal di daerah sekolah.

Pemerintah kota El Salvador telah melangkah lebih jauh dengan menyajikan makanan nabati kepada 170.000 siswa sebagai bagian dari program ini.

3. Estonia

Sejak tahun 2002, semua siswa sekolah dasar dan menengah di negara ini telah mendapatkan makanan sekolah gratis. Hal ini memastikan bahwa setiap siswa di sekolah negeri menerima satu hidangan hangat setiap hari. Selain itu, Estonia juga mengoperasikan program gratis untuk buah, sayur, dan susu di sekolah.

4. Finlandia

Pertama diumumkan pada tahun 1943, lebih dari 80 tahun kemudian, dan masih lebih dari 900.000 siswa di Finlandia menikmati makanan sekolah gratis setiap hari, baik di tingkat dasar maupun menengah. 

Saat program ini pertama kali diluncurkan, makanan disumbangkan oleh petani setempat, dan anak-anak harus membawa makanan yang mereka tanam atau hasilkan sendiri dari rumah untuk digunakan dalam bubur dan sup. Sejak itu, menu telah berkembang, dengan beberapa hidangan favorit termasuk bakso dan kentang tumbuk serta pancake bayam.

5. Swedia

Makan siang gartis di sekolahan Swedia

Photo :
  • livsmedelsverket.se

Di Swedia, negara tetangga di Skandinavia, mereka juga memberikan makanan hangat kepada siswa berusia 7-16 tahun, dengan sebagian besar berusia 16-19 tahun. 

Penelitian terhadap program makanan sekolah Swedia menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi makanan ini tidak hanya meningkatkan pencapaian pendidikan mereka, tetapi juga menjadi lebih sehat seiring pertumbuhan mereka. 

Anak-anak dari keluarga dengan pendapatan terendah yang menerima makanan sekolah gratis selama sembilan tahun meningkatkan pendapatan seumur hidup mereka sebesar 6%, sehingga menghasilkan rasio manfaat terhadap biaya sebesar 7:1.

6. Amerika Serikat 

Selama masa pandemi Covid-19, sekolah-sekolah di seluruh Amerika Serikat memberikan makanan sekolah gratis kepada semua siswa mereka, dengan tujuan memastikan bahwa setiap anak memiliki akses ke makanan yang mereka butuhkan. 

Meskipun dukungan nasional telah berakhir, beberapa negara bagian terus menyediakan makanan di seluruh wilayah negara bagian untuk semua siswa, termasuk New York City, Vermont, Nevada, California, Maine, dan Colorado. Di sisi lain, negara bagian lainnya telah meningkatkan penawaran mereka sehingga lebih banyak anak dapat memperoleh manfaat dari program ini.

7. Negara-negara di Afrika

Negara-negara di Afrika juga sedang aktif berupaya untuk melakukan hal serupa. Misalnya, Benin dan Kenya keduanya telah berkomitmen terhadap visi jangka panjang penyediaan makanan sekolah universal. 

Sementara itu, Rwanda telah berhasil meningkatkan cakupan penyediaan makanan sekolah dari 660.000 menjadi 3,8 juta di sekolah dasar dan menengah. Pendanaan untuk perluasan program makanan sekolah ini sebagian besar berasal dari anggaran dalam negeri.

8. Inggris

Skotlandia dan Wales memimpin upaya serupa di Inggris. Skotlandia memberikan makanan sekolah gratis kepada semua siswa usia dasar dari P1 hingga P5, dan rencananya akan diperluas hingga P6-P7 di masa mendatang. 

Wales telah berkomitmen untuk memperkenalkan makanan pokok universal dalam tiga tahun ke depan. London juga turut serta dalam inisiatif ini dengan Walikota London mengumumkan pendanaan untuk menyediakan semua makanan pokok di seluruh kota London pada tahun ajaran 2023/24.

Di Inggris, siswa usia prasekolah (usia 3-7 tahun) menerima makanan sekolah gratis secara universal, tetapi kemudian dipindahkan ke dalam sistem yang telah terbukti efektif mulai tahun ketiga.

Momentum untuk pendekatan universal semakin berkembang ketika negara-negara di seluruh dunia menunjukkan bahwa memberikan makanan sekolah kepada semua siswa adalah investasi jangka panjang yang mendukung kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, dan kebahagiaan anak-anak, serta mengurangi stigma yang terkait dengan sistem pengujian kemampuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya