Pilot Militer Rusia Tewas Mengenaskan di Spanyol, Ini Penyebabnya

VIVA Militer: Pesawat pembom strategis Tupolev Tu-95MS militer Rusia
Sumber :
  • ria.ru

Jakarta – Maksim Kuzminov, seorang pilot militer Rusia yang membelot dengan helikopter ke Ukraina pada tahun sebelumnya, ditemukan meninggal di sebuah kota di Spanyol.

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Dilansir dari EFE, Rabu, 21 Februari 2024, melaporkan kematian pilot tersebut pada Senin ini, merujuk pada sumber yang dekat dengan penyelidikan. Menurut EFE, pilot tersebut tewas ditembak pada tanggal 13 Februari di Villajoyosa, sebuah kota di pantai timur Spanyol.

Kuzminov menjadi berita utama pada bulan Agustus sebelumnya ketika dia membawa helikopter kargo militer Mi-8 Rusia ke Ukraina.

Rusia Bela Serangan Iran ke Israel: Mereka Berhak Membela Diri

VIVA Militer: Jet tempur Rusia mengepung pesawat tempur Inggris

Photo :
  • Channel 4 Top Guns: Inside the RAF

Tindakan pengkhianatan pilot tersebut menyebabkan kematian dua rekannya dalam operasi tersebut, yang dilaporkan "dilikuidasi" oleh intelijen Ukraina. Mereka menyebut belot tersebut sebagai keberhasilan besar.

Rusia Dukung Iran Atas Serangan Balasan ke Israel

Juru bicara intelijen militer Ukraina (GUR), Andrey Yusov, juga mengkonfirmasi pada hari Senin bahwa Kuzminov telah tewas. Yusov dihubungi oleh RBK-Ukraine untuk memberikan komentar setelah laporan media menyebutkan bahwa pilot tersebut ditemukan meninggal di kota pesisir Spanyol, Villajoyosa, pada pekan sebelumnya.

Pejabat tersebut dihubungi oleh RBK-Ukraine untuk dimintai komentarnya setelah laporan media menyebutkan bahwa pilot tersebut tewas di kota pesisir Spanyol, Villajoyosa, pekan lalu.

“Kami dapat mengonfirmasi fakta kematiannya,” kata Yusov.

Laporan tentang kematian Kuzminov muncul pada hari sebelumnya dari setidaknya dua media, yang mungkin tidak terkait satu sama lain.

Situs web berbahasa Italia; Il-Correspondente, menerbitkan artikel panjang tentang masalah tersebut, dengan rincian lebih lanjut disediakan oleh Eureka News berbahasa Spanyol.

Eureka News tampaknya hanya beroperasi di media sosial dan fokus terutama pada konflik antara Rusia dan Ukraina. Eureka News telah menghapus postingannya tentang kematian Kuzminov tak lama setelah dipublikasikan.

VIVA Militer : Jet Tempur NORAD hadang pesawat militer Rusia

Photo :
  • Norad.mil

Laporan tersebut menyebutkan bahwa si pembelot adalah korban pembunuhan mengerikan yang terjadi di Villajoyosa pekan lalu.

Insiden tersebut tampaknya merupakan serangan ala mafia, dengan korban ditembak berkali-kali dan ditabrak sebuah mobil, yang kemudian ditemukan terbakar di tempat kejadian, menurut informasi sebelumnya dari media lokal.

Namun, laporan media Spanyol mengidentifikasi korban sebagai warga negara Ukraina berusia 33 tahun, yang sedang mencari suaka di negara tersebut. Kuzminov kini berusia 28 tahun dan belum diketahui apakah dia telah diberikan kewarganegaraan Ukraina atau belum.

Laporan yang belum terverifikasi mengenai kematian pilot tersebut tersebar luas di media Rusia, dan beberapa outlet media menghubungi penegak hukum Spanyol untuk memberikan komentar.

RIA Novosti, misalnya, melaporkan bahwa pihaknya telah menanyakan hal ini kepada Guardia Civil Spanyol, namun badan kepolisian nasional itu tidak dapat memastikan kematian si pembelot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya