5 Negara yang Tidak Pernah Dijajah, Ada Tetangga Indonesia

Penggantian kain kiswah kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi
Sumber :
  • SPA

Jakarta - Ada sejumlah negara di belahan dunia yang tidak pernah dijajah, Namun diantaranya ada yang bertetangga dengan Indonesia.

Setelah Jokowi, Menlu China Wang Yi Temui Prabowo Subianto

Seperti diketahui, pada zaman dulu sering sekali beberapa negara di belahan dunia dijajah. Namun sekarang penjajahan sudah dihapuskan di muka bumi. Berikut beberapa negara yang tidak pernah dijajah dilansir India Time:

1. Bhutan

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

Bhutan.

Photo :
  • Businessinsider.com

Negara kecil di wilayah timur pegunungan Himalayah ini menjadi negara yang tidak pernah dijajah. Namun Inggris pernah menyerang negara tersebut pada tahun 1772 hingga 1774. Namun Bhutan berhasil melakukan negosiasi perjanjian damai dengan Inggris pada tanggal 25 April 1774.

Menlu China Wang Yi Lakukan Pertemuan dengan Menlu Retno, Ini yang Dibahas

Sebagai imbalannya, Bhutan memberikan 5 ekor kuda dan memberikan izin kepada pasukan Inggris untuk menebang kayu.

2. Thailand

VIVA Militer: Jet tempur Angkatan Udara Kerajaan Thailand

Photo :
  • Youtube

Thailand menjadi negara ASEAN pertama yang tidak pernah dijajah oleh negara manapun. Dulu Thailand dipimpin oleh Raja Chulalongkorn yang dianggap sebagai salah satu raja terhebat yang pernah memimpin Thailand.

Raja Chulalongkorn berupaya mengadopsi beberapa kebiasan Eropa hingga tertarik membuat teknologi Eropa supaya negaranya tidak dijajah. Selain itu juga, Raja Chulalongkorn menjalani hubungan dengan Inggris supaya tidak dijajah oleh negara Eropa.

3. China

VIVA Militer: Kendaraan lapis baja militer China

Photo :
  • insider.com

China menjadi negara yang tidak pernah dijajah, karena mereka memiliki tentara dan pemerintahan yang kuat seperti Kekaisaran Ottoman. Memiliki wilayah yang besar membuat China sulit untuk dijajah oleh Inggris dan Prancis.

4. Arab Saudi

Penggantian kain kiswah kabah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi

Photo :
  • SPA

Arab Saudi menjadi negara yang tidak pernah dijajah. Pada abad ke-16, Kesultanan Utsmaniyah sudah menguasai sebagian besar Eropa Tenggara, Asia Barat hingga Afrika Utara.

5. Nepal
 

Danau Nepal

Photo :

Dari tahun 1814 hingga 1816, pasukan militer Nepal bertempur dalam Perang Inggris-Nepal yang juga dikenal sebagai Perang Gorkha antara tahun 1814 hingga 1816. Namun, British East India Co. yang memiliki pasukan lebih besar berhasil menguasai sekitar 30% wilayah Nepal.

Karena enggan menghadapi medan yang berat, pasukan Inggris meninggalkan seluruh Nepal sebagai negara merdeka, menciptakan kawasan perbatasan untuk British India. Selanjutnya, Angkatan Darat Inggris terkesan dengan kemampuan militer pasukan Gurkha dan merekrut mereka untuk menjadi tentara kolonial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya