Arab Saudi Pantau Hilal Ramadan pada 10 Maret 2024

Ilustrasi Hilal
Sumber :
  • Bulan Sabit atau Hilal

Riyadh – Menurut laporan media Arab Saudi, Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi telah mendesak warga Muslim untuk memperhatikan penampakan bulan sabit menjelang bulan suci Ramadan pada malam tanggal 10 Maret 2024, yang bertepatan dengan tanggal 29 Syaban pada hari raya Islam.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

“Kerajaan Arab Saudi juga mengumumkan bahwa tanggal resmi penampakan bulan Ramadan akan berlangsung pada hari Minggu, 10 Maret, hari terakhir bulan Syaban,” lapor 5lejnews pada Minggu, 25 Februari 2024.

Bendera Arab Saudi.

Photo :
  • Ist
Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Pengadilan juga mengimbau mereka yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui teropong untuk menginformasikan pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksian mereka, atau menghubungi pusat terdekat untuk membantu mereka mencapai pengadilan terdekat.

Penampakan bulan sabit merupakan peristiwa penting Islam yang terjadi menjelang Ramadan dan menandai awal bulan suci. Tanggal penampakan bulan sabit juga bisa diprediksi dengan perhitungan astronomi.

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Di beberapa negara Muslim, komite khusus memantau tanggal penampakan bulan sabit di bulan Ramadan, yang terjadi pada hari terakhir bulan Syaban, setelah matahari terbenam.

Pemantauan Hilal Untuk Menentukan Awal Puasa Ramadhan. (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jika bulan sabit terlihat jelas, maka pemerintah di negara tersebut akan mengumumkan awal bulan Ramadan, namun jika bulan sabit tidak dapat terlihat dengan jelas, hari berikutnya adalah bulan penuh Syaban dan Ramadan akan dimulai pada hari berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya