Terbaru Yunani, Ini Daftar Negara yang Legalkan Pernikahan Sesama Jenis dalam 3 Tahun Terakhir

Ilustrasi LGBT
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pernikahan sesama jenis illegal di banyak negara, termasuk Indonesia. Namun ada sederet negara yang malah melegalkannya.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Sejak Belanda menjadi negara pertama yang melegalkan pernikahan sesama jenis pada tahun 2001, lebih dari 30 negara di dunia telah mengikuti langkah tersebut.

Pada 15 Februari 2024, Yunani menjadi negara Kristen Ortodoks pertama yang mengizinkan serikat pekerja semacam itu. Kabar tersebut muncul setelah Estonia menjadi negara bekas blok Soviet pertama yang melegalkan praktik tersebut pada Januari 2024.

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Saat ini, kesetaraan pernikahan sebagian besar terbatas pada negara-negara di Amerika Utara dan Selatan, Eropa dan Oseania. Afrika Selatan adalah satu-satunya negara di Afrika, dan Taiwan adalah satu-satunya negara di Asia yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

Sebelum Yunani dan Estonia, negara terbaru yang melegalkan kesetaraan pernikahan adalah Kuba, Andorra, dan Slovenia, dan ketiga negara tersebut melegalkan kesetaraan pernikahan pada tahun 2022. Dikutip dari USNews, berikut daftar negara yang legalkan pernikahan sesama jenis.

Profil Rizki Calon Suami Beby Tsabina yang Punya Karier Mentereng

9 negara legalkan pernikahan sesama jenis tahun 2022-2024

Ilustrasi hubungan sesama jenis

Photo :
  • pixabay

1. Yunani : 2024

Parlemen Yunani pada bulan Februari menyetujui undang-undang yang mengizinkan pernikahan sipil sesama jenis. RUU tersebut, yang juga mengizinkan pasangan sesama jenis untuk mengadopsi anak, akan menjadi undang-undang ketika diumumkan dalam lembaran negara resmi.

2. Estonia : 2024

Parlemen Estonia menyetujui pernikahan sesama jenis pada 20 Juni 2023, menjadikannya negara eks-Soviet dan Baltik pertama yang menyetujui hal tersebut. Keputusan tersebut mulai berlaku pada 1 Januari 2024.

3. Andorra: 2023

Parlemen Andorra melakukan pemungutan suara pada tanggal 21 Juli 2022 untuk memperpanjang pernikahan sipil bagi pasangan sesama jenis, sebuah langkah yang mulai berlaku pada awal tahun 2023. Sebelum pemungutan suara penting tersebut, pasangan sesama jenis di Andorra dapat memasuki serikat sipil, yang didirikan pada tahun 2023. 2014.

4. Kuba: 2022

Pernikahan sesama jenis dilegalkan setelah referendum nasional di Kuba pada 25 September 2022. Mayoritas warga Kuba memilih undang-undang keluarga yang mengizinkan pasangan sesama jenis untuk menikah dan mengadopsi anak, di antara ketentuan lain yang berfokus pada perempuan, anak-anak, dan hak asasi manusia. tua.

6. Slovenia : 2022

Ilustrasi LGBT

Photo :
  • Pixabay

Pada tanggal 9 Juli 2022, Mahkamah Konstitusi Slovenia memutuskan dengan suara 6-3 yang melarang pernikahan sesama jenis dan adopsi adalah inkonstitusional. Meskipun keputusan pengadilan tersebut berlaku segera, parlemen negara tersebut diberi waktu waktu enam bulan untuk mengubah undang-undang agar menyetujui keputusan tersebut. Parlemen negara tersebut meloloskan amandemen yang mengatur pernikahan sesama jenis pada bulan Oktober.

7. Chili : 2022

Presiden Chile menandatangani undang-undang untuk melegalkan pernikahan sesama jenis di negara Amerika Latin pada tahun 2021, dan undang-undang tersebut akan berlaku pada bulan Maret 2022. Pemungutan suara tersebut merupakan puncak dari upaya empat tahun yang dimulai dengan diperkenalkannya undang-undang tersebut pada tahun 2017.

8. Meksiko : 2022

Pernikahan sesama jenis di Meksiko pertama kali dilegalkan di Mexico City, ibu kota negara tersebut, tempat praktik tersebut dilegalkan setelah disahkannya undang-undang tersebut pada tahun 2009. Dan meskipun Mahkamah Agung Meksiko memutuskan bahwa larangan negara terhadap pernikahan sesama jenis tidak konstitusional pada tahun 2015, namun hal ini tetap berlaku. beberapa negara bagian membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk sejalan dengan keputusan tersebut. Tamaulipas adalah negara bagian terakhir dari 32 negara bagian Meksiko yang mengkodifikasikan pernikahan sesama jenis, yang dilakukan pada Oktober 2022.

9. Swiss : 2022

Swiss mengadakan referendum nasional pada tahun 2021 mengenai masalah legalisasi pernikahan sesama jenis dan memberikan hak untuk mengadopsi pasangan tersebut. Referendum disahkan dengan hampir dua pertiga mayoritas atau 64,1%. Pernikahan sesama jenis yang sah pertama di negara itu terjadi pada 1 Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya