Swedia Secara Resmi Bergabung dengan Aliansi Militer NATO

VIVA Militer: Pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO)
Sumber :
  • countercurrents.org

VIVA – Swedia telah secara resmi menjadi anggota ke-32 NATO setelah menyelesaikan proses aksesinya di Washington, dikutip dari BBC Internasional, Jumat, 8 Maret 2024.

BI Proyeksikan Suku Bunga The Fed Turun Satu Kali pada 2024

Penyerahan dokumen berlangsung pada upacara dua tahun setelah Swedia mengajukan permohonan untuk bergabung dengan aliansi militer setelah invasi skala penuh Rusia ke Ukraina.

(Ilustrasi) Militer Swedia.

Photo :
  • AFP/WOJTEK RADWANSK.
Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson mengatakan bahwa persatuan dan solidaritas akan menjadi “lampu panduan” Swedia. Presiden AS Joe Biden mengatakan NATO hari ini lebih kuat dari sebelumnya.

“Nato berdiri lebih bersatu, bertekad, dan dinamis. Bersama dengan sekutu terbaru kami Swedia - NATO akan terus membela kebebasan dan demokrasi untuk generasi yang akan datang,” kata pemimpin AS, menambahkan.

Prabowo Suarakan Solidaritas untuk Palestina, Soroti Standar Ganda Negara Barat

“Ini sedikit jalan tetapi kami sudah tahu sejak hari pertama bahwa kami akan berada di sini suatu hari nanti,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg memposting di X bahwa Swedia membawa serta angkatan bersenjata yang mampu dan industri pertahanan kelas satu dan bahwa aliansi telah menjadi lebih kuat dan lebih aman.

VIVA Militer; Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky

Photo :
  • sputniknews.com

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga menyambut baik aksesi Swedia ke NATO, dengan mengatakan “satu negara lagi di Eropa telah menjadi lebih terlindungi dari kejahatan Rusia.”

Rusia telah bersumpah untuk mengambil tindakan politik dan militer yang tidak ditentukan sebagai tanggapan atas langkah Swedia.

Swedia mengajukan permohonan untuk bergabung dengan aliansi pertahanan setelah invasi skala penuh Rusia ke Ukraina pada tahun 2022, tetapi permintaannya diblokir oleh dua anggota.

Turki awalnya menahan persetujuan berturut-turut atas apa yang disebutnya dukungan Swedia kepada separatis Kurdi. Itu akhirnya mencabut vetonya pada bulan Januari tahun ini.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban menuduh Swedia memusuhinya dan menunda persetujuannya sampai minggu lalu, ketika parlemen Hungaria akhirnya memilih untuk meratifikasi tawaran tersebut. Semua anggota NATO diharapkan untuk membantu sekutu yang diserang.

Blinken mengingat kembali kebijakan 200 tahun Swedia tentang non-alignment yang berlangsung sampai Rusia menginvasi Ukraina, mengatakan bahwa ekspansi NATO tidak “ditentukan sebelumnya” atau “dapat diprediksi”.

“Kami rendah hati, tetapi kami juga bangga. Kami akan memenuhi semua harapan,” ungkap Kristersson.

“Kami berbagi beban, tanggung jawab, dan risiko dengan sekutu lainnya,” imbuhnya.

Dia menambahkan bahwa situasi keamanan di wilayah tersebut belum seserius ini sejak Perang Dunia Kedua, dan menambahkan bahwa Swedia bergabung dengan NATO baik untuk menyediakan dan untuk mendapatkan keamanan.

Finlandia secara resmi bergabung pada bulan April tahun lalu, menggandakan panjang perbatasan aliansi dengan Rusia.

Pada hari Senin upacara pengibaran bendera untuk menandai aksesi Swedia akan berlangsung di markas NATO di Brussels.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya