Arab Saudi Hingga UEA Mulai Puasa Hari Ini

Ilustrasi Kota Arab Saudi (Doc: Alarabiya)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Riyadh Arab Saudi mengumumkan pada hari Minggu, 10 Maret 2024, bahwa puasa bulan suci Ramadan dimulai pada hari Senin, 11 Maret 2024, setelah bulan sabit Ramadan terlihat di Kerajaan tersebut.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Menyusul pengumuman Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) juga mendeklarasikan bahwa hari Senin sebagai hari pertama Ramadan, menurut kantor berita negara Emirat, WAM.

Melansir dari Alarabiya, Qatar juga mendeklarasikan hari Senin sebagai hari pertama Puasa Ramadan.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Sebagai informasi, umat Islam mengikuti kalender lunar yang terdiri dari 12 bulan dalam satu tahun dengan 354 atau 355 hari. Penampakan bulan sabit menandakan dimulainya Ramadan, bulan kesembilan dalam kalender Islam.

Ilustrasi Bulan Ramadan (Getty Images/iStockphoto/Choreograph)

Photo :
  • vstory
Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Ramadan sendiri dirayakan oleh lebih dari 1,8 miliar Muslim di seluruh dunia dan dianggap sebagai bulan puasa dan spiritualitas.

Puasa selama Ramadan adalah salah satu dari lima rukun Islam dan wajib bagi semua Muslim yang sehat. Namun, anak-anak kecil, orang sakit, pelancong, dan wanita yang sedang hamil, menyusui, atau sedang menstruasi dikecualikan.

Umat Islam telah mengikuti tradisi mencari bulan sabit selama ribuan tahun untuk menentukan awal Ramadan serta dua hari raya besar dalam Islam, yakni Idul Fitri dan Idul Adha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya