Raksasa Dunia! Ini 10 Negara Terluas yang Menakjubkan

Ilustrasi bola dunia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ketika membicarakan ukuran suatu negara, wilayahnya menjadi parameter yang sangat penting. Wilayah suatu negara menentukan kedaulatan, populasi, dan kekayaan alam yang dimilikinya. Dikutip dari Insider Monkey, berikut adalah daftar 10 negara terbesar di dunia berdasarkan wilayah:

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

10. Aljazair – Total Luas (Km²) = 2.381.740

Aljazair menempati peringkat kesepuluh dalam daftar dari 50 negara terbesar di Bumi berdasarkan luas wilayah. Terletak di Afrika Utara, ini adalah negara terbesar di Afrika. Industri utama di Aljazair adalah minyak dan gas, dan ekonomi negara ini sangat bergantung pada sumber daya tersebut. Total luas wilayah negara ini adalah 2,3 juta kilometer persegi.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

9. Kazakhstan – Total Luas (Km²) = 2.724.900

Kazakhstan, secara resmi disebut Republik Kazakhstan, terletak di Asia Tengah dan Eropa Timur. Negara ini berbatasan dengan Tiongkok, Rusia, Kirgistan, Uzbekistan, Turkmenistan, dan Laut Kaspia. Total luas Kazakhstan adalah 2,7 juta kilometer persegi.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

8. Argentina – Total Luas (Km²) = 2.780.400

Argentina terletak di setengah selatan Amerika Selatan. Industri utama di Argentina adalah minyak, pertambangan, peternakan domba, dan pertanian. Total luas wilayah negara ini adalah 2,7 juta kilometer persegi.

7. India – Total Luas (Km²) = 3.287.263

Jalan Tol Purvanchal di distrik Sultanpur di negara bagian Uttar Pradesh, India

Photo :
  • Twitter @narendramodi

India adalah negara terbesar ketujuh di dunia berdasarkan luas wilayah. Negara ini berbatasan dengan 7 negara dan memiliki sengketa wilayah dengan beberapa tetangganya, yaitu Pakistan dan Tiongkok. Industri utama di India adalah farmasi, perangkat lunak dan jasa, dan industri kimia. Total luas wilayah negara ini adalah 3,2 juta kilometer persegi.

6. Australia – Total Luas (Km²) = 7.741.220

Australia adalah bagian daratan dari benua Australia. Ada beberapa pulau kecil yang mengelilingi wilayah tersebut, serta Tasmania. Industri paling menonjol di Australia adalah ekspor komoditas dan sektor jasa. Total luas wilayah negara ini adalah 7,7 juta kilometer persegi.

5. Brasil – Total Luas (Km²) = 8.515.767

Brasil menempati peringkat kelima dalam daftar dari 50 negara terbesar di Bumi berdasarkan luas wilayah. Ini adalah negara terbesar di Amerika Selatan dan Amerika Latin. Industri utama di negara ini adalah pertanian, manufaktur, jasa, dan pertambangan, serta produsen kopi terbesar. Total luas wilayah Brasil adalah 8,5 juta kilometer persegi.

4. Amerika Serikat – Total Luas (Km²) = 9.372.610

Menduduki peringkat keempat dalam daftar dari 50 negara terbesar di Bumi berdasarkan luas wilayah adalah Amerika Serikat. Negara ini tanpa ragu merupakan salah satu ekonomi terbesar yang sangat berkembang di dunia dan memiliki signifikansi global yang besar. Kota New York di AS adalah pusat keuangan utama dan negara ini adalah rumah bagi beberapa perusahaan terbesar di dunia. Total luas wilayah Amerika Serikat adalah 9,3 juta kilometer persegi.

3. China – Total Luas (Km²) = 9.706.961

Proyek negara China mengebor Kerak Bumi.

Photo :
  • Tan Hui

Tiongkok menempati peringkat ketiga di antara negara terbesar di Bumi berdasarkan luas wilayah. Negara ini terletak di Asia Timur dan memiliki populasi lebih dari 1,4 miliar. Tiongkok berbatasan dengan 14 negara, dan dua batas internal dengan Hong Kong dan Macau. Pertambangan bijih tembaga, konstruksi, dan belanja online adalah beberapa industri terbesar di Tiongkok. Total luas wilayah negara ini adalah 9,7 juta kilometer persegi.

2. Kanada – Total Luas (Km²) = 9.984.670

Kanada menempati peringkat kedua. Terletak di Amerika Utara, negara ini berbatasan dengan Amerika Serikat, Greenland, dan Saint Pierre dan Miquelon. Industri utama di Kanada adalah minyak, mineral, teknologi, dan kayu. Total luas wilayah Kanada adalah 9,9 juta kilometer persegi.

1. Rusia – Total Luas (Km²) = 17.098.242

Urutan pertama ada Rusia. Negara ini tersebar di dua benua, Eropa timur dan Asia utara, dan terkenal dengan iklimnya yang sangat dingin. Industri utama di Rusia berkisar pada sumber daya alam seperti gas, minyak, dan logam. Total luas wilayah Rusia adalah 17,09 juta kilometer persegi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya