Pemerintah Ingin Taksi Terbang Meluncur dalam 2 Tahun

Taksi Terbang
Sumber :

Inggris – Taksi terbang pertama bisa lepas landas di Inggris pada tahun 2026 dan menjadi pemandangan biasa di langit dua tahun setelahnya, jika pengumuman pemerintah berjalan sesuai rencana, dilaporkan BBC Internasional.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Rencana aksi Masa Depan Penerbangan, yang dikembangkan bersama industri dirgantara, juga mengatakan bahwa drone dan kendaraan terbang lainnya akan menjadi lebih otonom.

Diperkirakan taksi terbang tanpa awak pertama akan lepas landas pada tahun 2030. Namun, para ahli mengatakan bahwa rintangan seperti infrastruktur dan penerimaan publik perlu diatasi terlebih dahulu.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Ada beberapa model berbeda, tetapi kebanyakan taksi terbang terlihat seperti helikopter futuristik dan biasanya dapat mengangkut sekitar lima orang.

Taksi tersebut merupakan bagian dari kategori kendaraan yang disebut "eVTOL", yang singkatan dari electric vertical take-off and landing aircraft (pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik). 

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Meskipun teknologinya sudah ada saat ini, pesawat-pesawat ini kemungkinan akan mulai digunakan sebagai moda transportasi eksklusif yang menggantikan perjalanan mahal yang biasanya dilakukan dengan helikopter. 

Selain itu, Departemen Transportasi juga berencana untuk mengizinkan drone terbang di luar jangkauan pandangan langsung, yang berarti pengendali drone tidak perlu melihatnya secara langsung di udara. 

Beberapa penggunaan drone tanpa awak termasuk mengangkut persediaan medis, mengirimkan pos di daerah pedesaan, dan membantu dalam pelacakan penjahat yang sedang dalam pelarian. 

Taksi terbang EHang 216 di PEVS 2022.

Photo :
  • Dok: Prestige Aviation

Meskipun penggunaannya masih dalam tahap awal, rencana tersebut memperkirakan bahwa pengiriman menggunakan drone akan menjadi hal umum pada tahun 2027.

Hambatan terbesar untuk membuat taksi terbang terbang adalah infrastruktur dan persepsi publik, kata Craig Roberts, kepala drone di firma konsultan PwC.

Tahun lalu, dia bersama-sama menyusun laporan tentang topik tersebut, bekerja sama dengan pemerintah, tentang kelayakan teknologi.

“Ini menantang, tetapi mungkin,” katanya tentang target 2026.

Mr Roberts berpikir bahwa penggunaan teknologi yang paling efisien adalah dalam "kasus jarak jauh, penumpukan yang lebih tinggi". Laporan pemerintah memberikan contoh penerbangan dari Liverpool ke Leeds dalam waktu 26 menit.

“Mungkin akan dimulai sebagai pengganti helikopter,” katanya, sebelum permintaan perlahan-lahan menyebar ke populasi lebih luas.

Kenyamanan juga harus ditunjukkan kepada publik luas melalui kemajuan teknologi dalam pemeriksaan keamanan. Laporan PwC mengasumsikan skenario di mana dibutuhkan 10 menit dari kedatangan di peringkat taksi terbang hingga lepas landas, saat ini menantang, mengingat waktu yang dibutuhkan untuk melewati bandara konvensional.

“Industri tahu ini adalah masalah dan tahu itu harus dipecahkan. Tetapi ada cara teknologis untuk melakukannya,” kata Roberts.

“Apa yang menahannya selama ini adalah hambatan dalam mendapatkan sertifikasi untuk teknologi baru,” kata Dr. Nadjim Horri, dosen kendali dirgantara di Universitas Leicester.

Namun, dia mengatakan bahwa ini berubah, dengan regulasi mulai mengejar kemajuan teknologi di lapangan. Dia menambahkan bahwa itu juga akan membutuhkan kepercayaan dari masyarakat untuk mengadopsi teknologi baru tetapi bahwa 2026 adalah tujuan realistis untuk membuat taksi terbang terbang.

Di mana kendaraan akan lepas landas dan mendarat?

Taksi terbang CityAirbus NextGen

Photo :
  • Carscoops

Usulan tersebut akan memerlukan pembangunan infrastruktur baru di Inggris, seperti "mini bandara" untuk drone. Sebuah bandara mini didirikan selama empat minggu di sebuah tempat parkir dekat pusat Coventry pada tahun 2022 sebagai bukti konsep.

Perusahaan di baliknya, Urban Air Port, melihat masa depan taksi udara sebagai tambahan, bukan pengganti, dari moda transportasi saat ini.

CEO Andrea Wu mengatakan bahwa pusat transportasi harus berada di pusat-pusat perkotaan tetapi "tidak ada investasi yang cukup dalam infrastruktur" di Inggris sejauh ini.

Dia menyebut saran taksi terbang menjadi pemandangan biasa pada tahun 2028 sebagai "jadwal yang ambisius" mengingat kebutuhan untuk membangun tempat untuk mereka lepas landas dan mendarat.

“Tetapi seluruh industri setuju Anda harus menaruh sesuatu di atas kertas untuk mendorong ini ke depan,” kata Ms. Wu tentang pengumuman Senin ini.

Tidak ada bandara mini lain yang telah dibangun atau diuji sejak demonstrasi dua tahun lalu. Tetapi menurut rencana pemerintah, vertiport pertama (bandara untuk kendaraan vertikal) akan beroperasi tahun ini.

Otoritas penerbangan sipil Inggris, Badan Penerbangan Sipil, berkonsultasi tentang proposal untuk vertiport di aerodrom eksisting.

Regulasi baru hampir pasti perlu dibuat jika tujuan pemerintah untuk membawa taksi udara otonom pada tahun 2030 ingin terpenuhi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya