Perdana Menteri Gay Pertama Irlandia, Leo Varadkar Mengundurkan Diri dari Jabatan

Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar
Sumber :
  • CNN International

Irlandia – Secara tiba-tiba, Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar mengatakan dia akan mengundurkan diri sebagai pemimpin partai pemerintahan Fine Gael. 

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Dalam pengumuman mengejutkan pada hari Rabu waktu setempat, Varadkar mengatakan dia juga akan melepaskan perannya sebagai perdana menteri segera setelah penggantinya dipilih. 

"Saya mengundurkan diri dari jabatan presiden dan kepemimpinan Fine Gael dan akan mengundurkan diri sebagai taoiseach [perdana menteri] segera setelah pengganti saya dapat menduduki jabatan itu,” kata Varadkar, melansir Al Jazeera, Rabu, 21 Maret 2024.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar dan Presiden AS Joe Biden

Photo :
  • ABC News

Dia mengatakan dia telah meminta pemimpin baru partai tersebut untuk dipilih pada tanggal 6 April, sehingga memungkinkan perdana menteri baru untuk dipilih setelah libur Paskah parlemen. Varadkar yang masih berusia 45 tahun, mengatakan ini saat yang tepat baginya untuk turun. “Alasan saya mengundurkan diri sekarang bersifat pribadi dan politis, tetapi sebagian besar bersifat politis,” katanya tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Kapolri Sebut Kedewasaan Politik di 2024 Jauh Lebih Baik Dibanding 2019

“Saya tidak punya hal lain yang perlu saya pikirkan. Saya tidak punya rencana pribadi atau politik yang pasti,” lanjutnya.

Varadkar telah dua kali menjabat sebagai perdana menteri, antara tahun 2017 dan 2020, dan sekali lagi sejak Desember 2022 sebagai bagian dari pembagian pekerjaan dengan Micheal Martin, kepala mitra koalisi Fianna Fail. 

Ketika pertama kali terpilih sebagai perdana menteri, Varadkar adalah orang termuda yang memegang jabatan tersebut, dan perdana menteri gay pertama di Irlandia, sebuah negara yang dulunya menganut agama Katolik.

Varadkar, yang ibunya orang Irlandia dan ayahnya orang India, juga merupakan perdana menteri biracial (campuran) pertama di Irlandia.

Dia memainkan peran utama dalam kampanye untuk melegalkan pernikahan sesama jenis, yang disetujui dalam referendum tahun 2015, dan untuk mencabut larangan aborsi, yang disahkan melalui pemungutan suara pada tahun 2018. 

Dalam pernyataan pengunduran dirinya, Varadkar berkata, “Saya bangga kami telah menjadikan negara ini tempat yang lebih setara dan lebih modern.”

Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar

Photo :
  • CNN International

Varadkar baru-baru ini kembali dari Washington, di mana ia bertemu dengan Presiden Joe Biden dan para pemimpin politik lainnya sebagai bagian dari kunjungan tradisional Perdana Menteri Irlandia pada Hari St Patrick ke Amerika Serikat.

Pemilu berikutnya akan diadakan pada awal tahun 2025.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya