Ambisi Militer Tiongkok Menggebrak Dunia: Melampaui Perang Dunia II?

VIVA Militer: Pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)
Sumber :
  • scmp.com

VIVA – Menurut Laksamana Angkatan Laut AS John Aquilino, pertumbuhan militer Tiongkok telah mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sejak Perang Dunia II. Hal ini menandakan bahwa Tiongkok sedang menuju ke arah yang sesuai dengan tujuannya untuk bersiap menghadapi invasi Taiwan pada tahun 2027. 

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

“Semua indikasi mengarah pada arahan Presiden Xi Jinping dalam pertemuan PLA untuk siap menginvasi Taiwan pada tahun 2027,” tulis Aquilino dalam kesaksiannya di depan Komite Dewan Angkatan Bersenjata AS, dikutip dari Business Insider, Jumat, 22 Maret 2024.

VIVA Militer: Kasal Yudo berbincang-bincang dengan Command Admiral John Aquilino

Photo :
  • Dispenal
Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

“Selain itu, tindakan PLA menunjukkan kemampuan mereka untuk memenuhi jadwal yang diinginkan Xi untuk menyatukan Taiwan dengan Tiongkok daratan dengan kekuatan jika diarahkan,” tambah laksamana, yang akan segera mengakhiri masa jabatannya sebagai kepala Komando Indo-Pasifik AS.

Terutama, Aquilino menyampaikan kepada anggota parlemen dalam sidang hari Rabu bahwa ia percaya Tiongkok masih berharap untuk menyatukan Taiwan tanpa harus terlibat dalam konflik militer, meskipun Beijing semakin mendekati kemampuan untuk melancarkan serangan. 

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Bersama dengan Asisten Menteri Pertahanan untuk Komando Indo-Pasifik Ely Ratner, ia menegaskan bahwa ancaman konflik langsung antara AS dan Tiongkok "tidak dapat diabaikan dan sulit dihindari", namun Pentagon harus bertindak dengan cepat untuk mengurangi risiko perang. 

Proyeksi garis waktu yang disampaikannya sejalan dengan yang diberikan oleh pendahulunya, Purnawirawan Laksamana Philip Davidson, dan pemimpin militer AS lainnya, yang menunjukkan bahwa Tiongkok tengah berupaya memperoleh kemampuan untuk menginvasi Taiwan pada tahun 2027 meskipun tidak selalu berniat untuk memicu pertempuran. 

Komandan Indo Pasifik AS Laksamana John C. Aquilino

Photo :
  • AP/Aaron Favila

Dalam kesaksiannya, Aquilino menegaskan bahwa di antara tiga ancaman utama AS di kawasan tersebut, Rusia, Tiongkok, dan Korea Utara, Tiongkok adalah "satu-satunya negara yang memiliki kapasitas, kekuatan, dan keinginan untuk mengubah tata tertib internasional." 

“Dalam skala yang belum pernah terlihat sejak Perang Dunia II, penumpukan PLA terjadi di wilayah darat, laut, udara, ruang angkasa, dunia maya, dan informasi,” tambahnya.

Militer Tiongkok telah menambahkan lebih dari 400 pesawat tempur dan 20 kapal perang ke dalam persenjataannya dan menggandakan persediaan rudalnya dalam tiga tahun terakhir, kata Aquilino.

Pada saat yang sama, kata Aqulino, Beijing telah meningkatkan jumlah satelit yang dimilikinya sebesar 50% dan meningkatkan persenjataan hulu ledak nuklirnya lebih dari dua kali lipat.

Aquilino mendesak AS untuk mengintensifkan pengembangan militernya, dengan mengatakan bahwa ancaman di Indo-Pasifik terus “tumbuh dan semakin cepat.”

“Kita harus bergerak lebih cepat,” Aquilino berulang kali mengatakan kepada anggota parlemen dalam sidang dua jam pada hari Rabu.

Dia menyarankan penempatan sistem di Guam yang mampu melawan rudal hipersonik dan jelajah pada tahun 2027, dua tahun lebih cepat dari tenggat waktu 2029 yang ditetapkan oleh Kongres pada bulan Desember.

Komando Indo-Pasifik tahun ini mengajukan prioritas anggaran lebih dari $11 miliar daripada yang dialokasikan oleh Gedung Putih, termasuk permintaan $430 juta untuk sistem pertahanan rudal Guam, menurut dokumen yang diperoleh Politico Pro.

Tiongkok belum secara resmi menyatakan niat untuk berperang dengan Taiwan, tetapi Xi Jinping menyatakan keyakinannya bahwa unifikasi tidak dapat dihindari. Dia juga tidak mengecualikan kemungkinan asimilasi dengan kekerasan terhadap pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Analisis tentang kemampuan Tiongkok untuk berhasil melakukan invasi amfibi ke Taiwan masih diperdebatkan, sementara kesiapan AS untuk campur tangan menjadi pertimbangan penting. Jika Beijing berniat menginvasi Taiwan, mereka akan menghadapi tantangan besar dalam memindahkan pasukan darat melalui Selat Taiwan dengan aman. Tiongkok tampaknya sedang mempertimbangkan opsi transportasi alternatif, termasuk melibatkan kapal sipil.

Di sisi lain, para analis percaya bahwa Taiwan memiliki kemungkinan besar untuk bertahan sampai bantuan dari AS tiba. Para pemimpin AS juga prihatin dengan ambisi Xi Jinping untuk menjadikan militer Tiongkok sebagai kekuatan "kelas dunia" pada tahun 2027, karena hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa Tiongkok ingin menggantikan AS sebagai kekuatan utama di Indo-Pasifik dan dunia.

Skandal korupsi baru-baru ini di dalam pasukan Beijing, yang menyebabkan pemecatan beberapa pemimpin senior termasuk dari Pasukan Roket, telah memicu pertanyaan internasional tentang kekuatan sebenarnya dari Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok, dan apakah tujuan militer Xi Jinping mungkin terhambat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya