Serangan Teroris di Rusia, Putin Umumkan Hari Berkabung Nasional

Presiden Rusia Vladimir Putin.
Sumber :
  • Kremlin Pool Photo via AP

Moskow – Hari berkabung nasional telah diumumkan di Rusia akibat aksi terorisme yang terjadi di Balai Kota Crocus di Wilayah Moskow. Serangan di wilayah Moskow itu menjadi yang terbesar dalam beberapa waktu terakhir.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Saya nyatakan 24 Maret sebagai hari berkabung nasional," kata Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Photo :
  • Sergei Vedyashkin - Associated Press
Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Rusia memperingati hari berkabung nasional, pasca serangan di sebuah gedung konser di pinggiran kota Moskow, yang menewaskan sedikitnya 137 orang, pada Sabtu lalu, 23 Maret 2024.

Acara-acara yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga budaya pada hari Minggu, 24 Maret 2024 dibatalkan. Sementara bendera diturunkan menjadi setengah tiang, dan seluruh acara hiburan televisi dan iklan dihentikan.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Aliran orang yang terus berdatangan ke tugu peringatan darurat di dekat gedung konser yang terbakar, menciptakan gundukan bunga yang sangat besar.

Melansir dari kantor berita Rusia, TASS, pada malam 22 Maret, beberapa orang melepaskan tembakan di sana. Sebuah ledakan terjadi di dalam gedung dan kebakaran terjadi kemudian.

Korban serangan teroris di Gedung Teater Moskow, Rusia

Photo :
  • Associated Press

Berdasarkan data terakhir, jumlah korban tewas mencapai lebih dari 137 orang dan mungkin bertambah. Kementerian Kesehatan Rusia melaporkan lebih dari 140 orang terluka.

Putin juga bersumpah untuk mengidentifikasi dan meminta pertanggungjawaban semua orang di balik serangan di Balai Kota Crocus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya