Kapal yang Tabrak Jembatan di Baltimore Berbendera Singapura, Bernama Dali

Kapal pengangkut kontainer tabrak jembatan di Baltimore, Selasa 26/3/24
Sumber :
  • Mark Schiefelbein/Associated Press

Washington – Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, Maryland, Amerika Serikat (AS), runtuh dan jatuh ke perairan Sungai Patapsco, setelah kapal kontainer berbendera Singapura bernama Dali bertabrakan dengan tiang penyangga sekitar pukul 05:30 waktu setempat. Lalu, bagaimana awalnya Kapal Dali bisa terlibat?

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Dilansir dari The Straits Times, Selasa, 26 Maret 2024, kapal Dali awalnya dijadwalkan berlayar dengan rute perusahaan pelayaran Maersk ke Sri Lanka, situs web perusahaan Denmark

Jembatan utama di Baltimore runtuh usai ditabrak kapal pengangkut kontainer

Photo :
  • Mark Schiefelbein/Associated Press
Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Pemilik terdaftar kapal berbendera Singapura itu adalah Grace Ocean Pte Ltd dan pengelolanya adalah Synergy Marine Group, menurut data LSEG. Kapal itu memiliki panjang 289m dan penuh dengan kontainer.

Dalam insiden itu, seluruh awak pesawat, termasuk dua nakhoda, telah diketahui keberadaannya dan tidak ada laporan adanya korban luka.

AS Gelontorkan Lagi Rp 420 Triliun Lebih untuk Perang Israel di Gaza

Apa yang kita bisa ketahui tentang jembatan yang runtuh?

Jembatan Francis Scott Key adalah struktur empat jalur yang terletak 56m di atas sungai.

Jembatan Baltimore Amerika Serikat Ambruk

Photo :
  • Istimewa

Dibuka pada tahun 1977 dan melintasi Sungai Patapsco, tempat penulis lagu nasional AS Francis Scott Key menulis "Star Spangled Banner" pada tahun 1814, setelah menyaksikan kekalahan Inggris di Pertempuran Baltimore dan pemboman Inggris di Fort McHenry.

Jembatan itu mengangkut 11,3 juta kendaraan per tahun, menurut Otoritas Transportasi Maryland, di jalan raya I-695 yang mengelilingi Baltimore, juga dikenal sebagai Baltimore Beltway.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya