Turki Bantah Punya Kerja Sama Militer dengan Israel

Milli Savunma Bakanligi
Sumber :
  • istimewa

VIVA Dunia – Türki pada hari Selasa menolak tuduhan kerja sama dengan Israel, khususnya kerja sama berbasis pertahanan, karena hal ini akan merugikan Palestina

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

“Republik Türkiye, yang selalu mendukung Palestina, tidak mungkin melakukan atau terlibat dalam aktivitas apa pun yang dapat merugikan Palestina,” kata Kementerian Pertahanan Nasional negara tersebut.

Bendera Turki.

Photo :
  • Zimbio.com
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

“Kementerian Pertahanan Nasional tidak memiliki aktivitas apa pun dengan Israel, termasuk pelatihan militer, latihan, dan kerja sama industri pertahanan.”

Ia menambahkan bahwa tindakan kekerasan Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, yang menargetkan rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, kamp pengungsi, dan warga sipil, sayangnya terus berlanjut “tanpa diskriminasi.”

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Sejak serangan Israel di Jalur Gaza pada 7 Oktober dan jauh sebelumnya, Türki tak tergoyahkan dalam dukungannya terhadap Palestina. Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di wilayah Palestina sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan hampir 1.200 orang.

Setidaknya 32.414 warga Palestina telah terbunuh dan 74.787 lainnya terluka di tengah kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok. Pada hari Senin, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang menuntut gencatan senjata segera di Gaza selama bulan suci Ramadhan, namun Israel menolaknya dan bersumpah untuk melanjutkan perangnya terhadap wilayah kantong Palestina.

Perang Israel, yang kini memasuki hari ke-172, telah menyebabkan 85% penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya