Kapal yang Tabrak Jembatan Baltimore Pernah Terlibat Tabrakan di Pelabuhan Belgia pada 2016

Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo
Sumber :
  • AP Photo/Steve Helber

WashingtonKapal yang menabrak Jembatan Baltimore Francis Scott Key pada hari Selasa, 26 Maret 2024, juga pernah terlibat dalam tabrakan saat meninggalkan pelabuhan Antwerp, Belgia, pada tahun 2016.

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Menurut Vessel Finder dan arsip insiden maritim Shipwrecklog, Dali, kapal kargo sepanjang 948 kaki (290 meter) dengan kapasitas 10.000 kontainer, saat itu meninggalkan terminal kontainer Antwerp menuju Bremerhaven.

Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo

Photo :
  • Fox News
Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Dilansir dari The Guardian, Rabu, 27 Maret 2024, saat melakukan hal tersebut, haluannya dilaporkan terayun, dan menyebabkan buritannya mengikis sisi dermaga, sehingga merusak beberapa meter lambung kapal secara signifikan.

Kapal tersebut dilaporkan ditahan oleh pihak berwenang setelahnya dan berlabuh di Deurganckdok, Belgia. Dilaporkan tidak ada korban luka atau dampak buruk yang terjadi saat insiden 2016.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Menurut Vessel Finder, cuaca saat itu baik-baik saja, dan insiden tersebut dilaporkan terjadi akibat dari kelalaian nakhoda kapal dan pilot di dalamnya. Tidak jelas siapa awak kapal yang berada di kapal tersebut.

Vessel Finder saat itu mengatakan bahwa kapal tersebut, yang dibangun di Korea Selatan pada tahun 2015 oleh Hyundai Heavy Industries, dimiliki oleh perusahaan Yunani Oceanbulk Maritime tetapi disewa oleh Maersk.

Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA) mengkonfirmasi pada hari Selasa bahwa Dali terdaftar di Singapura dan memiliki 22 awak di dalamnya, dan Maersk menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa semua awaknya adalah orang India tetapi tidak satupun dari mereka adalah awak atau personel Maersk.

Jembatan Francis Scott Key, di kota Baltimore, AS runtuh ditabrak kapal kargo

Photo :
  • AP Photo/Mark Schiefelbein

Dikatakan kapal itu dioperasikan oleh perusahaan kapal sewaan Synergy Group.

Sekitar 2,6 km (1,6 mil) jembatan Baltimore runtuh pada hari Selasa ketika Dali menabraknya, dan menyebabkan sejumlah kendaraan jatuh ke Sungai Patapsco di bawahnya.

Setidaknya enam orang sedang dicari dan dua orang berhasil diselamatkan, termasuk satu orang dalam kondisi kritis, kata para pejabat pada konferensi pers.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya