6 Tradisi Unik Merayakan Hari Paskah dari Berbagai Negara

Tradisi Unik Hari Paskah di Polandia
Sumber :
  • Holidays Calendar

VIVA Dunia – Hari Paskah adalah salah satu hari keagamaan yang dirayakan oleh seluruh umat Kristen Protestan dan Katolik. Di negara kita, Hari Paskah juga dinamakan sebagai Hari Kenaikan Yesus Kristus dan Hari Kebangkitan Isa Almasih yang dirayakan setiap tahunnya.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Hari Paskah digelar sejak hari Minggu pertama sesudah bulan purnama pertama pada atau sesudah titik bulan semi. Dilansir dari Britannica, Paskah berasal dari bahasa latin Pascha dan bahasa Yunani Pascha yang memiliki arti perayaan utama gereja Kristen, yang merayakan Kebangkitan Yesus Kristus pada hari ketiga setelah Penyaliban-Nya. Perayaan Paskah yang tercatat paling awal berasal dari abad ke-2, meskipun peringatan Kebangkitan Yesus mungkin terjadi lebih awal.

Hari Paskah

Photo :
  • pixabay
7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Sebagai cara untuk menunjukkan rasa syukur, ada beberapa tradisi unik yang digunakan untuk merayakan Paskah. Seperti apa tradisi unik Hari Paskah yang dilakukan di berbagai tempat di seluruh dunia?

Menurut berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa tradisi di belahan dunia untuk merayakan Hari Paskah :

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

1. Spanyol

Tradisi Unik Hari Paskah di Spanyol

Photo :
  • City Life Madrid

Di Spanyol, terutama di kota Sevilla, perayaan Paskah diwarnai dengan prosesi-prosesi keagamaan yang megah dan penuh semangat. Prosesi-prosesi tersebut melibatkan penggunaan lilin, ornamen gereja yang indah, dan patung-patung agama yang dipikul oleh anggota gereja dalam prosesi yang panjang dan anggun.

2. Filipina

Tradisi Unik Hari Paskah di Filipina

Photo :
  • Chatolics Culture

Di Filipina, terutama di daerah Pampanga, perayaan Paskah diwarnai dengan tradisi penyaliban hidup yang dramatis, yang dikenal sebagai Penyaliban San Pedro Cutud. Dalam tradisi ini, beberapa orang relawan secara sukarela menyalibkan diri mereka sendiri sebagai bentuk ekspresi spiritual.

3. Jerman

Tradisi Unik Hari Paskah di Jerman

Photo :
  • Frankenmuth

Di Jerman, terutama di daerah Bavaria, terdapat tradisi unik yang dikenal sebagai Osterbrunnen atau Sumur Paskah. Dalam tradisi ini, sumur-sumur dihias dengan dekorasi-dekorasi Paskah yang indah seperti telur-telur berwarna dan hiasan-hiasan lainnya.

4. Bulgaria

Tradisi Unik Hari Paskah di Bulgaria

Photo :
  • Private Guide Bulgaria

Di Bulgaria, terdapat tradisi unik yang dikenal sebagai Kukeri. Tradisi ini melibatkan para peserta yang mengenakan kostum yang menakutkan dan mengenakan topeng-topeng yang aneh untuk mengusir roh-roh jahat dan membawa keberkahan pada masa depan.

5. Polandia

Tradisi Unik Hari Paskah di Polandia

Photo :
  • Holidays Calendar

Di Polandia, terdapat tradisi unik yang dikenal sebagai Śmigus-Dyngus atau Wet Monday. Tradisi ini melibatkan pemukulan orang-orang dengan cabang-cabang hijau dan penyiraman dengan air sebagai simbol pembersihan dan penyegaran.

6. Yunani

Tradisi Unik Hari Paskah di Yunani

Photo :
  • The Greek Herald

Di Yunani, terdapat tradisi unik yang dikenal sebagai Lambades atau Lampadari. Dalam tradisi ini, anak-anak membawa lilin-lilin berhias dan berdiri di barisan untuk mengikuti prosesi gereja pada malam Paskah, menciptakan pemandangan yang memukau.

Setiap negara memiliki cara yang unik untuk merayakan Hari Paskah, dan tradisi-tradisi ini mencerminkan kekayaan budaya dan keberagaman di seluruh dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya