5 Pasukan Khusus Militer AS Paling Elit dan Perannya

VIVA Militer: Pasukan elite Navy SEAL Angkatan Laut Amerika Serikat
Sumber :
  • military.com

VIVA – Pasukan Khusus militer AS adalah unit-unit elit yang dilatih secara khusus untuk misi-misi kritis dan tugas-tugas yang memerlukan keahlian dan keterampilan khusus. Disadur dari Insider Monkey, berikut adalah beberapa unit Pasukan Khusus militer AS yang paling elit dan peran-peran utama mereka:

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

5. Navy SEAL

VIVA Militer: Pasukan elite Navy SEAL Angkatan Laut Amerika Serikat

Photo :
  • pbs.org
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Navy SEAL adalah pasukan operasi khusus utama dari Komando Perang Khusus Angkatan Laut. Nama SEAL diambil dari keahlian unit tersebut dalam melaksanakan operasi khusus di laut, darat, dan udara. Beberapa peran Navy SEAL termasuk kontra-terorisme, pengintaian khusus, peperangan non-konvensional, pertahanan dalam negeri asing, dan aksi langsung. 

Personel yang bergabung dengan SEAL sangat profesional dan menjalani pelatihan yang ketat. Mereka sering kali diberi tanggung jawab untuk mencapai target bernilai tinggi dan mengumpulkan intelijen militer di belakang garis musuh.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

4. Skuadron Taktik Khusus ke-24

Mulai saat ini, semua unit adalah unit misi khusus Tier-1. Skuadron Taktik Khusus ke-24 adalah unit operasi khusus Angkatan Udara Amerika Serikat yang bertanggung jawab antara lain memastikan dukungan udara untuk misi-misi penting, seperti koordinasi aset udara, pemulihan personel yang jatuh, dan misi penembakan langsung. 

Selain itu, sebagai unit tingkat 1, unit ini menyediakan penerbang ke Komando Operasi Khusus Gabungan (JSOC), termasuk pengontrol tempur, pasukan penyelamat, dan personel dengan keahlian dalam pengintaian khusus. Ini adalah salah satu pasukan khusus militer AS yang paling elit.

3. Kegiatan Dukungan Intelijen

Kegiatan Dukungan Intelijen adalah unit khusus yang sangat rahasia di bawah Angkatan Darat, yang terutama bertanggung jawab mengumpulkan intelijen yang menjadi dasar perencanaan operasi khusus yang paling kritis. Operator di unit ini direkrut dari berbagai layanan dan memperoleh informasi dari berbagai sumber, termasuk intelijen sinyal dan intelijen manusia. Aktivitas Dukungan Intelijen adalah salah satu pasukan khusus militer paling elit di AS.

2. Kelompok Pengembangan Perang Khusus Angkatan Laut (DEVGRU)

VIVA Militer: Kapal perusak USS Mason (DDG-87) Angkatan Laut Amerika Serikat

Photo :
  • usni.org

Grup Pengembangan Perang Khusus Angkatan Laut, sering dikenal sebagai DEVGRU atau SEAL Team 6, adalah pasukan kontra-terorisme dan pengintaian khusus di bawah komando Angkatan Laut AS. Ini adalah unit operasi khusus tingkat 1 di militer yang setara dengan Delta Force. Unit ini terdiri dari personel tim Navy SEAL yang ada, dan disusun menjadi empat skuadron garis yang masing-masing terdiri dari 50 operator. 

Rekam jejak DEVGRU termasuk yang paling mengesankan. Tim ini hanya ditugaskan untuk operasi yang paling berbahaya dan rahasia. Sejauh peran mereka, mereka hanya ditugaskan untuk operasi khusus yang paling berbahaya dan penuh rahasia. DEVGRU bertanggung jawab untuk membunuh Osama Bin Laden, pemimpin Al-Qaeda saat itu, pada tahun 2011 di tempat persembunyiannya di Abbottabad, Pakistan.

1. Delta Force

Delta Force adalah unit kontra-terorisme paling elit di bawah komando Angkatan Darat AS. Kelompok ini telah melaksanakan berbagai misi kontra-terorisme yang sukses selama bertahun-tahun, khususnya terkait dengan penyelamatan sandera, menangkap dan melenyapkan teroris bernilai tinggi, dan pengumpulan intelijen mengenai ancaman militansi. Unit ini sangat terampil dalam pertempuran jarak dekat, bertahan hidup, menghindar, mengemudi taktis, dan keterampilan lainnya. Yang membedakan Delta dari DEVGRU adalah pengalaman bertempur. 

Orang-orang Delta dipilih dari pasukan khusus lainnya, sedangkan operator di DEVGRU dapat direkrut langsung dari warga sipil. Seringkali, personel Delta Force juga ditugaskan untuk memastikan perlindungan para VIP. Unit tersebut bertanggung jawab untuk menghabisi Abu-Bakr Al-Baghdadi, pemimpin ISIS, pada tahun 2019 di Suriah. Seperti DEVGRU, Delta Force hanya ditugaskan untuk operasi yang paling berbahaya dan kritis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya