5 Negara Dengan Surplus Perdagangan Tertinggi di Dunia

Chongqing Tiongkok
Sumber :
  • Odditycentral.com

VIVA – Surplus perdagangan adalah kondisi di mana nilai ekspor suatu negara melebihi nilai impornya dalam periode waktu tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa negara tersebut lebih banyak menjual barang dan jasa ke pasar internasional daripada membeli dari negara lain. 

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Memiliki surplus perdagangan dapat memberikan keuntungan ekonomi yang signifikan bagi suatu negara, termasuk pertumbuhan ekonomi yang stabil, kestabilan mata uang, dan cadangan devisa yang cukup. Dikutip dari Insider Monkey, berikut adalah beberapa negara yang dikenal memiliki surplus perdagangan tertinggi di dunia.

5. Singapura

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Singapura telah mengukir ceruk unik dalam lanskap perdagangan global. Meskipun wilayahnya kecil, negara ini memiliki surplus perdagangan yang tinggi karena lokasinya yang strategis dan keahliannya dalam mengolah bahan mentah. Tiongkok, Amerika Serikat, Indonesia, Malaysia, dan Jepang adalah mitra dagang utamanya. Mesin listrik menempati urutan teratas dalam daftar impor negara ini, hal ini menunjukkan fokus Singapura pada teknologi maju. Surplus Perdagangan Bersih dalam US$ (Ribuan): 169.176.499,03.

4. Arab Saudi

Rafael Struick Absen Bela Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23

Perekonomian Arab Saudi sangat bergantung pada cadangan minyaknya yang besar. Sumber daya berharga ini menggerakkan industri petrokimia, sehingga menghasilkan ekspor berbagai produk, termasuk petrokimia, barang logam, bahan konstruksi, peralatan listrik, dan plastik, ke jaringan di sekitar 90 negara.

Arab Saudi juga bergantung pada impor untuk memenuhi kebutuhan domestiknya. Kendaraan dan suku cadang otomotif merupakan impor utama. Mitra dagang utama Arab Saudi termasuk Tiongkok, Amerika Serikat, India, Jerman, Jepang, dan Korea Selatan. Surplus Perdagangan Bersih dalam US$ (Ribuan): 187.668.722,12.

Kota Waterford, Irlandia

Photo :
  • ShellyC28/Flickr

Irlandia merupakan salah satu eksportir obat-obatan dan peralatan medis terbesar di dunia, yang merupakan bukti majunya industri perawatan kesehatan di negara tersebut. Selain layanan kesehatan, Irlandia adalah pemimpin dalam ekspor perangkat lunak komputer.

Peralatan transportasi dan bahan kimia organik juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap bauran ekspor. Negara ini juga bergantung pada impor barang-barang tertentu, seperti produk minyak bumi dan tekstil. Inggris tetap menjadi mitra impor utama Irlandia. Surplus Perdagangan Bersih dalam US$ (Ribuan): 213.051.078,45.

2. Federasi Rusia

Sumber daya alam Rusia yang melimpah menjadi landasan ekspornya. Minyak dan produk minyak bumi merupakan ekspor utama Rusia, dipimpin oleh minyak mentah dengan nilai sekitar $133 miliar pada tahun 2022. Gas alam, kayu, pupuk, mesin dan peralatan, dan bahkan persenjataan menambah portofolio ekspor Rusia.

Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Rusia, dengan volume perdagangan melebihi $101 miliar pada tahun 2022. India, Jerman, Turki, dan Italia adalah mitra dagang utama Rusia. Surplus Perdagangan Bersih dalam US$ (Ribuan): 293.312.610,00.

1. Cina

Kemacetan di Tiongkok.

Photo :
  • Shanghaiist

Investasi swasta dan sektor ekspor yang kuat mendorong pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang luar biasa. Negara ini telah muncul sebagai pemimpin global di bidang manufaktur, khususnya elektronik. Tiongkok mendominasi ekspor telepon seluler, komponen elektronik, dan suku cadang otomotif. Tiongkok Daratan menyumbang 13,8% dari seluruh ekspor global pada tahun 2022.

Untuk mempertahankan kekuatan manufakturnya, Tiongkok bergantung pada impor mesin dan peralatan, bahan kimia, dan bahan bakar. Mitra impor utama negara ini meliputi Taiwan, Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia. Surplus Perdagangan Bersih dalam US$ (Ribuan): 576.329.961,76.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya