7 Negara dengan Cadangan Thorium Terbesar di Dunia

Ilustrasi Thorium
Sumber :
  • Office of the State Geologist

VIVA – Thorium, unsur kimia yang relatif melimpah di kerak bumi, telah menarik perhatian banyak negara sebagai alternatif yang menjanjikan untuk energi nuklir masa depan. Meskipun belum sepenuhnya dimanfaatkan secara luas, cadangan thorium menjadi fokus penting dalam upaya menjaga keberlanjutan energi global.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Beberapa negara memiliki cadangan thorium terbesar di dunia, dan potensi ini menjadi pemicu penelitian dan pengembangan teknologi nuklir yang ramah lingkungan. Berikut adalah beberapa negara yang memiliki cadangan thorium terbesar, disadur dari Insider Monkey.

1. India

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

India menduduki posisi teratas dengan cadangan thorium terbesar di dunia. India, sebuah negara di Asia Selatan, adalah salah satu negara terbesar dan paling padat penduduknya di dunia. Negara ini memiliki cadangan thorium terbesar di dunia. Menurut data yang dilaporkan, India memiliki sumber daya thorium sebanyak 846.000 ton.

2. Brasil

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Brasil di Amerika Selatan menempati posisi kedua dalam daftar negara dengan cadangan thorium terbesar di dunia. Brasil adalah negara yang kaya akan sumber daya thorium, dengan sekitar 632.000 ton cadangan thorium.

Ilustrasi Thorium

Photo :
  • Australian Government

Australia masuk dalam 3 besar dalam daftar negara dengan cadangan thorium terbesar di dunia. Australia memiliki sumber daya thorium yang substansial, sebagian besar berada di komponen monasit dari deposit pasir mineral berat. Australia memiliki 595.000 ton sumber daya thorium.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat masuk dalam daftar negara dengan cadangan thorium terbesar di dunia. AS memiliki deposit yang signifikan dari logam radioaktif yang terjadi secara alami. AS dilaporkan memiliki 595.000 ton sumber daya thorium.

Ilustrasi Thorium

Photo :
  • Pixabay

Mesir adalah negara di Timur Laut Afrika dan Timur Tengah yang masuk dalam lima besar negara dengan cadangan thorium terbesar di dunia. Menurut data yang dilaporkan, cadangan thorium di Mesir mencapai 380.000 ton.

Turki adalah negara yang terletak di Asia Barat dan Eropa Tenggara. Negara ini termasuk negara dengan cadangan batu bara terbesar di dunia. Dengan cadangan thorium yang signifikan, Turki dilaporkan memiliki 374.000 ton sumber daya thorium. Negara ini menempati peringkat ke-6 dalam daftar negara-negara dengan cadangan thorium terbesar di dunia.

Venezuela adalah sebuah negara di wilayah utara Amerika Selatan. Negara ini mempunyai simpanan thorium yang signifikan. Sebagai salah satu negara dengan cadangan thorium terbesar, Venezuela dilaporkan memiliki sumber daya thorium sebesar 300.000 ton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya