5 Pesawat Militer Terbaik dengan Baling-Baling

Ilustrasi pesawat tempur dengan baling-baling
Sumber :
  • simpleflying

VIVA – Meskipun pesawat jet menawarkan keunggulan kinerja yang jelas dibandingkan pesawat baling-baling, ini bukanlah untuk mengabaikan nilai dari pesawat yang ditenagai baling-baling, bahkan di era modern. 

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Kemajuan dalam teknologi telah memungkinkan turboprop modern menjadi beberapa pesawat yang paling efisien di pasar saat ini, masih banyak digunakan baik secara komersial maupun dalam kapasitas militer.

Sebelum munculnya era jet, teknologi yang ditenagai baling-baling adalah yang terbaik yang tersedia bagi pembuat pesawat. Ini berarti banyak pesawat militer paling ikonis dari abad terakhir telah ditenagai baling-baling. Dikutip dari Simpleflying, berikut deretan pesawat militer terbaik dengan baling-baling.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

5. C-130 Hercules

Lockheed C-130 Hercules tentu memenuhi namanya yang legendaris sebagai salah satu transportasi militer terkuat dan terpercaya yang pernah ada. Ini adalah pesawat militer yang diproduksi secara terus menerus terpanjang dalam sejarah, telah diproduksi sejak tahun 1950-an, dan telah melayani lebih dari 70 negara selama sejarahnya yang panjang.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Sebagai pesawat yang sangat serbaguna dan tahan lama, Hercules dapat bertahan di iklim paling keras dan telah dimanfaatkan untuk segala jenis peran layanan selama beberapa dekade, termasuk evakuasi, pemadaman kebakaran, pencarian dan penyelamatan, dan bahkan pengisian bahan bakar udara. 

Beberapa kontribusi paling signifikan termasuk bantuan bencana selama Badai Katrina dan penggunaan ekstensif dalam Perang Teluk pertama - C-130 yang dilengkapi ski bahkan melakukan misi di Antartika, menunjukkan adaptabilitasnya yang luar biasa.

Saat ini, lebih dari 20 negara memanfaatkan varian terbaru - C-130J Super Hercules. Dilengkapi dengan enam baling-baling komposit dan empat mesin turboprop Rolls-Royce AE 2100D3, transportasi ini memiliki MTOW (Maximum Takeoff Weight) sebesar 155.000 pon dan dapat menampung hingga 92 penumpang atau 64 pasukan yang dilengkapi sepenuhnya.

4. C-47 Skytrain

Varian militer dari Douglas DC-3 adalah pesawat yang sangat serbaguna yang mulai beroperasi selama Perang Dunia II. Transportasi militer ini membuktikan menjadi bagian penting dari upaya perang Sekutu, melakukan segala jenis tugas, seperti transportasi pasukan, evakuasi medis, misi logistik, dan banyak lagi. Skytrain menampilkan beberapa perubahan penting untuk membuatnya cocok untuk penggunaan militer. Ini termasuk:
- Lantai yang diperkuat: Ini memungkinkannya untuk mendukung pasukan parasut dan kargo yang lebih berat.
- Pintu kargo: Varian ini dilengkapi dengan pintu kargo yang penting untuk memuat peralatan.
- Kebutuhan pokok: Setiap kemewahan atau fitur yang tidak diperlukan, seperti isolasi dan toilet, dihapus untuk interior yang lebih sederhana.
- Bahan bakar dan mesin: Banyak Skytrain dilengkapi dengan mesin yang ditingkatkan dan kapasitas bahan bakar untuk memungkinkan penerbangan jarak jauh dan kinerja yang lebih tinggi.

Beberapa misi paling kritis pesawat ini termasuk pelepasan pasukan parasut selama pendaratan D-Day pada tahun 1944 dan pengiriman pasokan penting kepada penduduk Berlin Barat selama 'Berlin Airlift' pada tahun 1949. Pesawat ini akan mengambil peran yang lebih mematikan selama Perang Vietnam sebagai AC-47, dilengkapi dengan senjata dan senjata lain yang menyebabkan julukan "Spooky" nya.

3. P-51 Mustang

Pesawat tempur P-51 Mustang

Photo :
  • Pixabay

P-51 Mustang adalah pesawat Perang Dunia II yang mengubah permainan yang paling dikenal karena jangkauannya yang ditingkatkan. Ini memungkinkannya untuk mengawal pesawat pembom selama misi jarak jauh, membantu melindungi armada pembom Sekutu selama perjalanan yang jauh di wilayah musuh. Namun, pesawat ini juga serbaguna dan mampu melakukan peran lain, seperti serangan darat dan rekognisi.

Jangkauan dasarnya adalah sekitar 2.000km, yang dapat ditingkatkan menjadi lebih dari 3.200km dengan tangki drop eksternal. Didukung oleh mesin Rolls-Royce Merlin, Mustang dilengkapi dengan enam senapan mesin kaliber .50 - juga dilengkapi dengan kubah gelembung yang memberikan visibilitas yang ditingkatkan bagi para pilot dibandingkan dengan pesawat tempur rival.

2. Antonov An-2

Menyimpang dari pesawat buatan Barat, Antonov An-2 debut pada tahun 1947, dan lebih dari 18.000 unit (dan turunannya yang asing) telah dibangun sejak saat itu. Biplane dengan mesin tunggal terbesar yang pernah diproduksi dengan rentang sayap melebihi 18 meter, An-2 memiliki kecepatan tertinggi yang sangat lambat hanya 258 km/jam namun dibangun lebih dengan kehandalan dan serbaguna dalam pikiran.

Ini masuk daftar ini karena seberapa pentingnya itu bagi Uni Soviet dan sekutunya selama beberapa dekade. Pesawat ini menjadi bagian penting dalam armada lebih dari 40 negara, dan kemampuan STOL (Short Take-Off and Landing) nya membuatnya sempurna untuk misi di daerah terpencil. An-2 juga diproduksi di bawah lisensi di China (Y-5) dan Polandia dan akan tetap diproduksi selama lebih dari 70 tahun - sebenarnya, masih ada beberapa pesawat An-2 yang beroperasi hingga saat ini.

1. Supermarine Spitfire

Pesawat tempur Supermarine Spitfire

Photo :
  • Pixabay

Mungkin yang paling terkenal dari semua pesawat tempur Perang Dunia II, Spitfire menjadi ikonis pada masanya sebagai simbol perlawanan awal Sekutu terhadap agresi Axis, terutama selama Pertempuran Britania pada tahun 1940. Desain streamline dan sayap elips tipis dogfighter memberinya kecepatan dan kegesitan yang fantastis, bersama dengan mesin Merlin yang memberinya keunggulan atas Messerschmitt Bf 109 dari Luftwaffe.

Dengan lebih dari 20 varian yang dirancang selama Perang Dunia II, ada lebih dari 20.000 Spitfire yang diproduksi dari akhir 1930-an hingga 1948. Selama Perang Dunia II, kemampuan tempur pesawat terus diperbarui, ini termasuk mesin Rolls-Royce Griffon baru, sementara varian spesifik arena, seperti 'Seafire' untuk misi angkatan laut dan kapal induk, juga dibangun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya