Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/pri.

TokyoGempa bumi dengan kekuatan awal magnitudo 6,0, mengguncang timur laut Jepang, pada Kamis siang, 4 April 2024. Hal tersebut disampaikan oleh badan cuaca negara itu.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Meski demikian peringatan tsunami tidak dikeluarkan dan tidak ada kelainan yang dikonfirmasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi.

Diketahui, sekitar pukul 12:16 waktu setempat, gempa tercatat 4 dari 7 pada skala intensitas seismik Jepang, di prefektur Iwate, Miyagi dan Fukushima, menurut Badan Meteorologi Jepang.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Fokus gempa terletak di lepas pantai Prefektur Fukushima, sekitar 40 kilometer di bawah tanah," kata Badan Meteorologi Jepang, dikutip dari Kyodo News.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi dilihat dari Futabacho, Futabagun, Prefektur Fukushima, Jepang.

Photo :
  • Xinhua/Zhang Xiaoyu.
5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Menurut Otoritas Pengaturan Nuklir, tidak ada kelainan yang terdeteksi di pembangkit listrik Fukushima Daiichi,, yang hancur akibat kecelakaan nuklir setelah bencana gempa dan tsunami tahun 2011.

Selain itu, kerusakan juga tidak timbul di pembangkit listrik Fukushima Daini, yang terletak sekitar 12 kilometer selatan Daiichi.

Sementara itu, kereta cepat di Jalur Tohoku Shinkansen berhenti sementara setelah gempa terjadi, menurut East Japan Railway Co.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya