5 Pesawat Militer Termahal di Dunia

Pesawat McDonnell Douglas/Boeing C-17 Globemaster III
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Proyek Manhattan bukanlah program paling mahal dalam Perang Dunia II, melainkan program B-29 Superfortress yang menghabiskan dana sebesar $3 miliar. Saat ini, pesawat masih menjadi beberapa proyek militer termahal di dunia, pengembangan pesawat yang gagal dapat menghancurkan industri militer negara-negara kecil. 

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Harga pesawat meningkat ketika diproduksi dalam jumlah kecil karena ada lebih sedikit pesawat untuk membagi biaya pengembangan. Mungkin mengejutkan bahwa F-35 Lightning II, yang dikritik bertahun-tahun karena sangat mahal, tidak termasuk dalam lima pesawat militer termahal. Dikutip dari Simpleflying, berikut 5 pesawat militer termahal di dunia.

5. Boeing P-8 Poseidon

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

- Biaya: $290 juta per pesawat
- Jumlah yang Dibangun: 176+
- Pertama Terbang: 2009

Boeing P-8 Poseidon, pesawat patroli maritim dan pengintaian yang terbukti populer. Pertama kali diserahkan kepada Angkatan Laut Amerika Serikat dan sejak itu diekspor ke berbagai negara, termasuk Kanada, Inggris, Australia, Norwegia, India, dan bahkan Selandia Baru. Menjadi pesawat termahal dalam Angkatan Udara Selandia Baru (yang membeli empat unit).

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

4. McDonnell Douglas/Boeing C-17 Globemaster III

Pesawat McDonnell Douglas/Boeing C-17 Globemaster III

Photo :
  • Pixabay

- Biaya: $218 juta (biaya unit) $328-368 juta (biaya seumur hidup)
- Jumlah yang Dibangun: 279
- Pertama Terbang: 1991

Globemaster III merupakan salah satu pesawat angkut militer terbaik dan terbesar di dunia serta pesawat paling mahal dalam daftar ini yang pernah dijual ke negara-negara di luar Amerika Serikat. Harga per unit pesawat ini sekitar $218 juta, namun biaya seumur hidupnya mencapai $328 juta hingga $368 juta.

3. Boeing "Air Force One" (VC-25)

- Biaya: $325 juta
- Jumlah yang Dibangun: 2
- Pertama Terbang: 1987

"Air Force One" adalah panggilan saat Presiden terbang dengan pesawat; biasanya dilakukan oleh salah satu dari dua Boeing VC-25. Kedua VC-25 ini mungkin merupakan pesawat jumbo termahal yang pernah dibuat - dua versi militer yang sangat dimodifikasi dari Boeing 747-200. Menurut CNN, biaya kedua pesawat tersebut sekitar $660 juta pada tahun 1990. 

2. Lockheed Martin F-22 Raptor

Ilustrasi pesawat Lockheed Martin F-22 Raptor

Photo :
  • Pixabay

- Biaya: $143 juta (biaya unit) $350 juta (biaya total)
- Jumlah yang Dibangun: 187 (pesawat produksi)
- Pertama Terbang: 1997

F-22 Raptor dibangun untuk menjadi pesawat tempur dominasi udara, dan jauh lebih canggih daripada pesawat tempur superioritas udara lainnya ketika pertama kali masuk dinas pada tahun 2005. Biaya besar program dan kurangnya ancaman yang dianggap sebanding pada saat itu menyebabkan program ini dipangkas.

1. Northrop Grumman B-2 Spirit

- Biaya: $737 Juta (biaya unit) $2.1 Miliar (biaya total)
- Jumlah yang Dibangun: 21
- Pertama Terbang: 1989

B-2 Spirit adalah pesawat pembom siluman satu-satunya yang masih beroperasi saat ini, dan hanya 21 dari jenis tersebut yang pernah dibangun. Menurut Finance Online, biaya unit asli B-2 adalah $737 juta. Namun, dengan memperhitungkan biaya retrofitting lainnya dan biaya pengembangan sebesar $45 miliar, biaya per unitnya naik menjadi sekitar $2.1 miliar. Ini adalah jumlah uang yang astronomis dan lebih dari yang banyak angkatan udara habiskan untuk seluruh angkatan udara mereka. B-2 juga memiliki biaya operasional sekitar $135.000 per jam terbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya