Deretan 5 Negara yang Tak Pernah Dijajah dalam Sejarah

Bendera negara Thailand.
Sumber :
  • AP Photo/Sakchai Lalit

VIVA – Penjajahan adalah perlakuan dari suatu negara untuk menguasai dan mengendalikan wilayah dengan kekuatan yang mereka miliki. Bahkan Indonesia pernah dijajah oleh negara-negara Eropa seperti Belanda, Inggris, dan Portugis.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Penjajahan tidak lepas dari sebuah peperangan, dimana ada negara yang menjajah dan negara yang di jajah akan mempertahankan wilayah yang mereka tinggali sehingga akan menimbulkan peperangan.

source : www.bangkok.com / ilustrasi destinasi wisata

Photo :
  • vstory
30 Killed Over Heatstroke Hit Thailand

China

Photo :
  • Worldatlas.com

Bahkan sebelum terbentuknya negara-negara modern, penjajahan sendiri sudah lama ada.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Asia merupakan wilayah yang sering di jajah oleh negara-negara dari Eropa, contohnya Inggris menjajah India, Pakistan, Bangladesh, Malaysia,Belanda menjajah wilayah Indonesia, Portugis menjajah India, Indonesia, dan masih banyak negara Eropa yang menjajah negara-negara di Asia.

Dilansir dari Goodstats pada Jumat 5 April 2024, dalam hal penjajahan terdapat 5 negara di Asia yang belum pernah menjadi bagian dari penjajahan : 

Kota Beijing, China.

Photo :
  • Pixabay

China, negara terbesar di Asia Timur memiliki sejarah yang kaya dan beragam budaya. Ini juga menjadi salah satu negara terbesar di dunia berdasarkan luas daratan dan populasi.

Sangat sulit untuk menjajah China karena kekuatan politik, ekonomi, dan budayanya yang kuat serta kekuatan militer dan pemerintahan yang kuat.

Sapi albino Ko Muang Phet asal Thailand

Photo :
  • CNA

Selain menjadi satu-satunya negara ASEAN yang tidak pernah dijajah oleh negara Barat, Thailand adalah negara dengan budaya yang beragam di Asia Tenggara.

Raja Thailand Chulalongkorn dianggap sebagai salah satu raja terbaik dalam sejarahnya. Dia melakukan banyak hal untuk mencegah negaranya dijajah oleh negara lain.

Untuk menghindari penjajahan oleh negara lain, Raja Chulalongkorn mengadopsi tradisi Eropa dan menjalin hubungan dengan Inggris.

Resor Mewah di Arab Saudi (Doc: The Sun)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Arab Saudi adalah negara di Timur Tengah yang terkenal sebagai pusat Islam dan rumah bagi Makkah dan Madinah, dua tempat suci Islam.

Sebagai produsen gas dan minyak global, Arab Saudi memiliki stok minyak terbesar di dunia. Arab Saudi menerapkan hukum Islam yang ketat dalam hal agama, budaya, dan kehidupan sehari-hari.

Negara Arab Saudi adalah satu-satunya negara yang belum pernah dijajah oleh negara lain. Kesultanan Ottoman menguasai beberapa wilayah di Eropa Tenggara, Asia Barat, dan Afrika Utara pada abad ke-16.

Bhutan.

Photo :
  • Businessinsider.com

Bhutan adalah sebuah negara yang belum pernah dijajah, terletak di antara India dan Tiongkok di Asia Selatan. Pada tahun 1772, Inggris datang ke Bhutan dan ingin menjajahnya. Namun, Bhutan berhasil melakukan negosiasi dan berdamai dengan Inggris.

Dalam perjanjian tersebut, Bhutan memberikan lima ekor kuda dan memberi pasukan Inggris izin untuk menebang kayu di wilayahnya.

Negara Nepal

Photo :
  • YouTube Invoice Indonesia

Nepal adalah negara di Asia Selatan yang terkenal dengan pemandangan alamnya. Gunung-gunung Himalaya dan Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia.

Selain itu, Nepal adalah satu-satunya negara dengan bendera yang berbeda dari semua negara lain di dunia.

Dalam sejarah, Inggris tidak pernah menjajah Nepal sepenuhnya. Militer Nepal berperang dengan Inggris pada tahun 1812–1816, yang juga disebut sebagai Perang Gorkha.

Selain mengagumi kekuatan tentara Gurkha, Inggris memutuskan untuk meninggalkan negara tersebut sebagai negara merdeka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya