Drone Ukraina Serang Pangkalan Udara Rusia, 6 Pesawat Hancur

VIVA Militer: Ledakan akibat serangan drone militer Ukraina
Sumber :
  • newsweek.com

VIVA – Ukraina telah melancarkan serangan drone terhadap target di selatan Rusia dan mengklaim telah menghancurkan enam pesawat Rusia di pangkalan udara di wilayah Rostov, dikutip dari laporan BBC Internasional Sabtu, 6 April 2024.

Ukraina Tolak 100 Tank Leopard Eks Jerman: Tak Bisa Menembak-Rem Blong

Sumber keamanan mengatakan kepada BBC Ukraina delapan pesawat lainnya rusak parah, sementara 20 personel layanan mungkin telah tewas atau terluka. Pangkalan Morozovsk menampung pesawat Su-27 dan Su-34 yang digunakan di garis depan di Ukraina, kata sumber tersebut.

VIVA Militer: Ledakan di Ukraina pasca serangan drone Inferno militer Rusia

Photo :
  • inquirer.net
Jemaah Haji Delay 4 Jam Akibat Pesawat Rusak, Kemenag Beri Teguran Keras ke Garuda Indonesia

Belum ada kabar dari Rusia mengenai laporan serangan di lapangan udara. BBC tidak dapat memverifikasi laporan tersebut secara independen. Namun, pejabat Rusia mengatakan bahwa lebih dari 40 drone telah diarahkan ke wilayah tersebut, yang berbatasan dengan Ukraina.

Analisis militer BBC Rusia, Pavel Aksyonov, mengatakan serangan oleh begitu banyak drone dalam waktu singkat bisa mengatasi pertahanan udara. Sementara itu, empat orang tewas dan lebih dari 20 terluka dalam serangan rudal Rusia di kota Ukraina Zaporizhzhia, kata pejabat Ukraina. Kota timur Kharkiv juga menjadi sasaran serangan udara, dengan otoritas setempat melaporkan dua kematian akibat bombardir Rusia.

Singapore Airlines Ubah Aturan Sabuk Pengaman Buntut Turbulensi yang Tewaskan 1 Penumpang

Di Zaporizhzhia, gubernur regional Ivan Fedorov mengatakan beberapa blok pencakar langit dan rumah pribadi rusak. Dua rudal pertama menyerang, dan kemudian setelah penyelamat dan polisi tiba, tiga lagi menghantam, tambahnya. Media Ukraina mengatakan beberapa jurnalis termasuk di antara yang terluka.

Sebelumnya, angkatan udara Ukraina mengatakan bahwa semalam dan hingga Jumat, Rusia telah menyerang wilayah Odesa dan Dnipropetrovsk serta Kharkiv dengan 13 drone dan lima rudal.

Semua drone ditembak jatuh, katanya, tetapi fasilitas energi rusak di wilayah Odesa, serta bangunan tempat tinggal di Kharkiv.

Juga, pasukan Rusia terus melakukan kemajuan lambat di wilayah Donetsk. Pejabat Ukraina mengatakan kota Chasiv Yar terus menerima bombardir yang konstan di tengah laporan bahwa pasukan Rusia telah mencapai pinggiran.

VIVA Militer: Lokasi Pangkalan Udara Soltsy-2 militer Rusia

Photo :
  • Twitter/@IntelCrab

Melaporkan serangan di Rostov, kementerian pertahanan Rusia mengatakan wilayah Saratov, Kursk, Belgorod, dan Krasnodar juga telah menjadi target. Katanya semua drone yang terlibat ditembak jatuh.

Di distrik Morozovsk Rostov, sebuah sub-stasi listrik terkena, membuat sekitar 600 orang tanpa listrik selama beberapa jam, kata gubernur Rostov Vasily Golubev di saluran Telegram-nya. Dia menambahkan bahwa ada beberapa kerusakan pada blok residensial 16 lantai.

Dalam kiriman selanjutnya, dia mengatakan delapan orang terluka oleh bahan peledak yang meledak di salah satu drone yang jatuh selama penyelidikan situs "tidak jauh dari aerodrome".

Ukraina telah meningkatkan serangan drone terhadap target di dalam Rusia belakangan ini, menargetkan fasilitas militer dan energi.

Ia telah memperingatkan berkali-kali bahwa pasukannya mengalami kekurangan amunisi yang parah, tetapi menetapkan target untuk memproduksi satu juta drone secara domestik tahun ini.

Pada hari Selasa, ia mengklaim bertanggung jawab atas serangan drone di Tatarstan, lebih dari 1.300km (807 mil) dari perbatasan Ukraina-Rusia. Serangan tersebut, yang menargetkan pabrik drone dan kilang minyak, adalah yang terdalam ke wilayah Rusia sejak dimulainya perang. Dua belas orang dilaporkan terluka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya