Umat Islam Dunia Rayakan Idul Fitri 1445 H dengan Penuh Semangat

Umat Islam Dunia Rayakan Idul Fitri 1445 H dengan Semangat Baru
Sumber :
  • Anadolu Ajansi

VIVA – Umat ​​Islam di seluruh dunia bersiap merayakan Idul Fitri 1445 H pada hari Rabu 10 April 2024, menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Umat Islam mendedikasikan diri mereka untuk berdoa, berpuasa dan merenung sepanjang bulan Ramadhan dengan berpegang pada tradisi dan ajaran Islam.

Dilansir dari Anadolu Ajansi pada Rabu 10 April 2024, saat bulan sabit menandakan akhir Ramadhan, rumah-rumah sibuk dengan aktivitas saat keluarga melakukan persiapan akhir untuk perayaan Idul Fitri, termasuk membeli pakaian baru, menyiapkan hidangan khusus, dan bertukar hadiah.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Idul Fitri yang biasa dikenal dengan hari raya puasa adalah saat dimana umat Islam berkumpul dalam perayaan, rasa syukur dan solidaritas.

Fatih Mehmet Aydin, wakil presiden Diyanet, otoritas keagamaan tertinggi di Türkiye, mengatakan kepada Anadolu bahwa umat Islam mengalami kemajuan spiritual melalui ibadah selama Ramadhan dan menunggu hadiah Idul Fitri.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Aydin menekankan pentingnya Ramadhan bagi umat Islam pada tahun ini.

"Seperti yang tercantum dalam hadits, baik Ramadhan maupun Idul Adha dianggap sebagai hari libur bagi umat Islam,"

Ia mengajak bagi pihak yang mampu untuk melakukan zakat fitrah untuk menyegerakan niat baiknya itu agar membantu sesama.

"Maka marilah kita berdoa dengan ikhlas di hari Idul Fitri. Sehabis salat Idul Fitri, kalau kita belum menunaikan zakat fitrah di bulan Ramadhan, yuk kita laksanakan secepatnya,” ujarnya.

Menurutnya, hari raya idul fitri merupakan momen yang sangat penting bagi umat Islam untuk melakukan silaturahmi satu sama lain, hal ini bertujuan untuk menjaga hubungan yang baik agar tidak terputus nantinya.

“Idul Fitri sangat penting bagi untuk melakukan silaturahmi,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya