Indonesia Tegaskan Ini ke PBB Respons Pecahnya Perang Iran Vs Israel

Ilustrasi Dewan Keamanan PBB
Sumber :
  • AP Photo/John Minchillo

Jakarta – Indonesia menegaskan sikap terkait pecahnya perang antara Iran dan Israel saat ini. Keprihatinan yang mendalam atas eskalasi situasi keamanan di Timur Tengah pun disampaikan dan menyerukan agar kedua negara menahan diri.

Terpopuler: Penyelidikan Helikopter Presiden Iran Jatuh, Gadis ABG Diperkosa hingga Polwan Dipecat

Indonesia dalam hal ini juga meminta DK PBB segera menghentikan pendudukan ilegal terhadap Palestina dan berbagai pelanggaran hukum internasional oleh Israel.

“Indonesia mendesak Dewan Keamanan PBB segera bertindak untuk menurunkan ketegangan dan terus berupaya menciptakan perdamaian di Timur Tengah,” kata Kementerian Luar Negeri RI melalui media sosial X pada Minggu malam, 14 April 2024.

Militer Iran Selidiki Kecelakaan Helikopter Presiden Raisi, Ini Temuannya

Iran meluncurkan rudal ke arah Israel

Photo :
  • tangkapan layar

Leih lanjut disampaikan, bahwa Indonesia tegas menuntut penyelesaian secara adil masalah Palestina melalui solusi dua negara akan menjadi kunci terciptanya stabilitas keamanan kawasan. Permusuhan terbaru antara Iran dan Israel dipicu serangan terhadap Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April lalu.

Mahkamah Internasional Minta Israel Setop Serangan di Rafah, Netanyahu Langsung Gelar Rapat Darurat

Sebagai informasi, serangan itu menewaskan sedikitnya tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran, termasuk dua jenderal penting. Iran menuding Israel bertanggung jawab atas serangan fatal tersebut.

“PBB Mengeluarkan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Selama Bulan Ramadhan”

Photo :
  • Anadolu Ajansi

Iran kemudian melancarkan serangan balasan dengan menembakkan puluhan rudal balistik dan ratusan drone ke Israel pada Sabtu malam (13/4). Serangan itu, menurut Israel, berhasil digagalkan dan hanya mengenai sebuah pangkalan udara militer di Israel, tetapi tidak menimbulkan kerusakan serius. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya