Begini Respons Hamas atas Serangan Iran ke Israel

VIVA Militer: Brigade Izz ad-Din al-Qassam Hamas Palestina
Sumber :
  • nytimes.com

Gaza – Iran melancarkan serangan udara terhadap Israel dengan ratusan rudal hingga drone sebagai aksi tindakan balasan dari tindakan Israel yang sembrono, yang mengarah pada Kedutaan Iran di Damaskus.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Menyikapi hal ini, Hamas memberikan respons dengan mengatakan bahwa serangan Iran terhadap Israel adalah 'hak alami' atas kejahatan yang dilakukan Zionis.

"Operasi militer yang dilakukan Iran terhadap entitas Zionis adalah hak alami dan merupakan respons terhadap kejahatan yang menargetkan konsulat di Damaskus," kata Hamas dalam sebuah postingan di Telegram, dilansir dari Al Jazeera, Senin, 15 April 2024.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Penampakan rudal Iran ke arah Israel di atas langit Yordania

Photo :
  • Tangkapan layar

Hamas menegaskan "hak alami" negara-negara dan masyarakat di kawasan untuk membela diri dalam menghadapi agresi Israel.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

"Kami menyerukan kepada negara Arab dan Islam kami, masyarakat bebas di dunia dan kekuatan perlawanan di kawasan untuk melanjutkan dukungan mereka terhadap banjir Al-Aqsa," tambah kelompok itu, yang mengacu pada serangan mereka pada 7 Oktober lalu di perbatasan Israel.

Sebelumnya, pada Sabtu malam, 13 April 2024, drone-drone dan misil-misil Iran meluncur menyerang Israel. Pihak yang meluncurkan serangan adalah Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC).

"Kami melancarkan operasi menggunakan drone dan rudal sebagai tanggapan atas kejahatan entitas Zionis yang menargetkan konsulat Iran di Suriah," kata IRGC dalam sebuah pernyataan.

Sistem rudal pertahanan Iron Dome Israel untuk mencegah roket Hamas

Photo :
  • AP Photo/Ariel Schalit

Kata Israel, jumlah drone dan misil Iran yang diluncurkan sebanyak 200 sampai 300 unit. Sirene di kota-kota Israel berbunyi. Sekolah-sekolah ditutup, bandara-bandara juga ditutup mulai pukul 22.30 waktu setempat.

"Iran meluncurkan UAV dari wilayahnya menuju wilayah negara Israel," kata juru bicara militer Israel Daniel Hagari dalam pernyataan yang disiarkan televisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya