Israel Memutuskan Akan Serang Iran

Juru bicara Israel Defense Force (IDF) Laksamana Muda Daniel Hagari
Sumber :
  • IDF

Tel Aviv – Pihak Israel dikabarkan telah memutuskan bahwa mereka akan membalas serangan rudal dan pesawat tak berawak dari Iran, kata Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron saat berkunjung ke Israel pada hari Rabu lalu 17 April 2024. 

Israel Terus Serang Palestina, Kini Muncul Blockout 2024 Celebrity, Apa Itu?

Negara-negara besar berupaya mencegah pecahnya konflik yang lebih luas di Timur Tengah setelah serangan Iran ke Israel pada Sabtu malam pekan lalu, yang melibatkan ratusan rudal dan drone, yang merupakan pertama kalinya Iran menyerang Israel secara langsung setelah berpuluh-puluh tahun konfrontasi dengan proksi.

Kabinet perang Israel dilaporkan telah bertemu pada Selasa pagi untuk membahas opsi pembalasan setelah serangan Iran, yang sebagian besar dapat dicegah oleh pertahanan Israel dan sekutunya, dilansir Forbes, Kamis 18 April 2024.

Lantang Bela Palestina, Menlu Retno Marsudi Desak Negara Eropa Lakukan Two-State Solution

Presiden Iran Ebrahim Raisi

Photo :
  • France 24

Kepala Staf Angkatan Pertahanan Israel Herzi Halevi berkata kepada wartawan di Israel bahwa serangan itu akan “ditanggapi dengan baik”, tetapi belum ada konfirmasi resmi mengenai tanggapan seperti apa yang mungkin akan dilakukan oleh Israel. 

Bom Israel Hantam Rafah, Sekjen PBB Geram

Para pejabat AS mengatakan bahwa mereka memperkirakan tanggapan Israel akan terbatas cakupannya, dan kini Israel mungkin sedang mempertimbangkan serangan terbatas di wilayah Iran. 

Beberapa analis berpendapat bahwa serangan dunia maya bisa menjadi pilihan bagi Israel sebagai respons tingkat rendah yang berpotensi meredakan ketegangan. 

Respons tingkat rendah lainnya adalah dengan menargetkan fasilitas Iran atau kelompok proksi di luar Iran, yang dapat dilihat sebagai upaya untuk menormalisasi ketegangan antara kedua negara seperti sebelum eskalasi akhir pekan lalu, 

Salah satu target penting yang mungkin diincar Israel adalah fasilitas nuklir Iran, yang telah lama dianggap Israel sebagai ancaman, kata Rafael Grossi, kepala Badan Energi Atom Internasional PBB, mengatakan bahwa Iran kini menutup sementara fasilitasnya sebagai antisipasi.

Seperti diketahui, ketegangan antara Israel dan Iran telah meningkat sejak Hamas, sekutu Iran, menyerang Israel pada 7 Oktober, yang menyebabkan Israel melancarkan invasi besar-besaran ke Jalur Gaza. 

Kedua negara telah lama berkonflik, meskipun sebagian besar konflik ini dilakukan melalui kelompok proksi seperti Hizbullah yang didukung Iran, serangan di luar perbatasan masing-masing negara, atau upaya rahasia untuk melemahkan program nuklir Iran. 

VIVA Militer: Rudal hipersonik Iran gagal dibendung sistem Iron Dome Israel

Photo :
  • almaydeen.net

Namun setelah pemboman kedutaan Iran di Suriah pada tanggal 1 April lalu yang menewaskan 12 orang, termasuk tujuh pejabat militer Iran, Iran mengisyaratkan niatnya untuk 'balas dendam". 

Serangan hari Sabtu lalu menandai pertama kalinya Iran menyerang Israel secara langsung. 

Israel telah banyak dikaitkan dengan pemboman kedutaan besar tersebut, meskipun mereka belum secara terbuka mengaku bertanggung jawab atas kejadian tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya