Israel Panggil Duta Besar Negara-Negara yang Mendukung Palestina di PBB

VIVA Militer: Bendera Israel
Sumber :
  • Moderate Rebels

VIVA – Israel memanggil duta besar negara-negara yang memilih keanggotaan penuh Palestina di PBB untuk melakukan pembicaraan protes pada hari Minggu 21 April 2024, kata juru bicara kementerian luar negeri.

Kemenhub Gandeng PT BKI Rawat Kapal Negara Kenavigasian

Dilansir dari Hindustan Times pada Senin, 22 April 2024, hal ini terjadi setelah Otoritas Palestina mengatakan akan mempertimbangkan kembali hubungannya dengan Amerika Serikat setelah Washington memveto upaya keanggotaan Palestina pada awal pekan ini.

“PBB Mengeluarkan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Selama Bulan Ramadhan”

Photo :
  • Anadolu Ajansi
PBB Sebut Rekonstruksi Pembangunan di Jalur Gaza Bisa Mencapai Rp 643 Triliun

Pemungutan suara hari Kamis 18 April 2024 menunjukkan 12 negara di Dewan Keamanan PBB mendukung resolusi yang merekomendasikan keanggotaan penuh Palestina dan dua negara yakni Inggris dan Swiss abstain.

Hanya Amerika Serikat, sekutu paling setia Israel, yang memberikan suara menentang dan menggunakan hak vetonya untuk memblokir resolusi tersebut.

PBB: Butuh Waktu 80 Tahun Untuk Bangun Semua Rumah yang Hancur di Gaza

Pada hari Sabtu 20 April 2024, juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Oren Marmorstein mengatakan kementeriannya akan memanggil duta besar negara-negara yang memberikan suara di Dewan Keamanan untuk meningkatkan status Palestina di PBB untuk melakukan pembicaraan protes.

“Duta Besar Perancis, Jepang, Korea Selatan, Malta, Republik Slovakia dan Ekuador akan dipanggil besok untuk melakukan demarche, dan protes keras akan disampaikan kepada mereka,” katanya dalam sebuah postingan di X.

“Protes serupa akan terjadi di negara-negara lain,” katanya.

“Pesan jelas yang akan disampaikan kepada para duta besar, sebuah isyarat politik kepada Palestina dan seruan untuk mengakui negara Palestina enam bulan setelah pembantaian 7 Oktober adalah hadiah bagi terorisme,”

Palestina Mengecam Veto AS yang Menghalangi Upaya Keanggotaan Penuh PBB

Photo :
  • Anadolu Ajansi

Rancangan resolusi tersebut menyerukan rekomendasi kepada Majelis Umum agar Negara Palestina diterima menjadi anggota PBB menggantikan status negara pengamat non-anggota yang saat ini dipegangnya sejak tahun 2012.

Mayoritas dari 193 negara anggota PBB, menurut hitungan Palestina terdapat 137 negara telah mengakui Palestina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya