Fasilitas Kamar Jemaah Haji Indonesia, Dekat Masjid Nabawi di Madinah

Salah satu hotel jemaah di Madinah, berjarak 100 meter dari Masjid Nabawi
Sumber :
  • Risna Yanti/Kemenag RI

MADINAH – Petugas sektor di Daerah Kerja Madinah mempersiapkan hotel untuk jemaah haji menjelang kedatangan mereka. Menurut Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Ali Machzumi, semua hotel jemaah haji Indonesia berada di Markaziyah (sekitar Masjid Nabawi) dengan jarak paling dekat sekitar 50 meter dan terjauh sekitar 350 meter.

Layani Jamaah Haji Lansia, BSI Siapkan 200 Kursi Roda di Tanah Suci

"Jarak hotel ke Masjid Nabawi mulai dari 50 meter sampai yang agak jauh sedikit sekitar 350 meter. Jadi Insya Allah nanti jamaah haji sudah kita persiapkan semuanya," ujar Ali di Madinah, Sabtu 11 Mei 2024.

Salah satu hotel jemaah di Madinah, berjarak 100 meter dari Masjid Nabawi

Photo :
  • Risna Yanti/Kemenag RI
Persiapan Puncak Haji, Jemaah Agar Tidak Bepergian ke Luar Kota Perhajian

Dilansir dari laman Kemenag RI, Ali menjelaskan bahwa tempat tinggal ini terletak di tiga wilayah markaziyah. Pertama, Markaziyah Janubiyah di sebelah selatan Masjid Nabawi. Kedua, Markaziyah Syamaliyah di sebelah utara Masjid Nabawi dan ketiga, Markaziyah Ghorbiyah di sebelah barat Masjid Nabawi.

Jemaah haji Indonesia yang berangkat pada gelombang pertama mulai tiba di Madinah pada 12 Mei 2024. Ada 18 kelompok terbang (kloter) yang tiba di Madinah pada hari pertama kedatangan. Mereka akan ditempatkan di lima sektor perumahan di tiga wilayah Markaziyah berbeda.

Tak Berencana, Visa Haji Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Terbit: Ini Panggilan

Ali Machzumi memastikan bahwa seluruh layanan akomodasi telah siap untuk menerima jemaah haji, dan petugas di setiap sektor juga sudah siap.

Mengenai fasilitas kamar, Tim Daker Madinah juga meninjau dua penginapan, Hotel Abraj-Tabah di sektor 2 yang hanya berjarak sekitar 150 meter dari Masjid Nabawi. Menurut Suhaidi, Kepala Seksi Akomodasi, setiap kamar memiliki jumlah tempat tidur yang berbeda, mulai dari dua tempat tidur hingga lima tempat tidur.

"Khusus untuk jemaah lansia mereka ditempatkan di lantai paling bawah. Sehingga memudahkan dan memberikan kenyamanan untuk jemaah," jelasnya.

Suhaidi mengatakan bahwa di setiap lorong akan ada air minum isi ulang sehingga jemaah tidak perlu khawatir tentang kekurangan air.

Sementara, Hotel Safwat Almadinah terletak di sektor 1 dan hanya sekitar 100 meter dari Masjid Nabawi. Bahkan, pintu masuk hotel langsung menuju masjid bersejarah bagi umat Islam itu.

Untuk fasilitas di setiap kamar tidak jauh berbeda. Masing-masing hotel juga tersedia kursi roda dan tim kesehatan yang berjaga di setiap hotel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya