Tak Hanya Hancurkan Paket Bantuan, Warga Yahudi Israel Juga Bunuh 31 Relawan Kemanusiaan

VIVA Militer: Gedung UNRWA diserang tentara Israel
Sumber :
  • dpa.com

Gaza – Warga Yahudi melakukan serangkaian serangan terhadap konvoi truk bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Gaza. Menurut Human Rights Watch (HRW), Israel tidak memberikan peringatan terlebih dahulu kepada kelompok bantuan mana pun sebelum serangan tersebut terjadi.

Raja Salman Berangkatkan Haji 1.000 Warga Palestina, Kerajaan Arab Saudi Siap Tampung

Akibat dari penjarahan bantuan kemanusiaan itu, 31 orang tewas dan luka-luka, menurut organisasi hak asasi manusia tersebut.

Meski demikian, kelompok tersebut tidak merinci berapa jumlah korban tewas, dan berapa jumlah korban luka.

Gagal Bendung Hamas, Jenderal Israel Pembantai Warga Gaza Angkat Kaki dari Kabinet Perang

Sebelumnya, pada 1 April, serangan Israel juga menewaskan tujuh pekerja bantuan dari kelompok bantuan pangan World Central Kitchen (WCK), yang menyebabkan kegaduhan internasional yang meluas.

“Pembunuhan tujuh pekerja bantuan World Central Kitchen yang dilakukan Israel sangat mengejutkan dan seharusnya tidak pernah terjadi berdasarkan hukum internasional,” kata direktur asosiasi krisis, konflik, dan senjata HRW, Belkis Wille.

Brigade Al-Qassam Hamas Sebut 3 Sandera Israel Tewas di Gaza

VIVA Militer: Pasukan Pertahanan Israel (IDF)

Photo :
  • sputniknews.com

“Sekutu Israel perlu menyadari bahwa serangan yang telah menewaskan pekerja bantuan ini telah terjadi berulang kali, dan mereka harus menghentikannya," tambahnya, dikutip dari The New Arab, Kamis, 16 Mei 2024.

Serangan-serangan ini bukan sebuah kesalahan, yang terisolasi namun satu dari setidaknya delapan kelompok-kelompok bantuan yang telah memberikan Israel koordinat konvoi atau lokasi mereka, tetap diserang tanpa peringatan, kata HRW.

Insiden lainnya termasuk serangan terhadap konvoi Doctors Without Borders (MSF) pada 18 November, wisma International Rescue Committee (IRC) dan Medical Aid for Palestines (MAP) pada 18 Januari, serta konvoi milik badan pengungsi Palestina milik PBB, UNRWA, pada 5 Februari lalu.

Delapan serangan tersebut menunjukkan kelemahan mendasar pada apa yang disebut sistem dekonfliksi, kata HRW, yang didirikan untuk memungkinkan pekerja bantuan memberikan bantuan penting dengan aman di Jalur Gaza.

Setidaknya 254 pekerja bantuan tewas di Gaza antara 7 Oktober dan 30 April, di antaranya 185 staf PBB, kata kantor kemanusiaan PBB, OCHA.

HRW baru-baru ini bertemu dengan staf dari 11 kelompok kemanusiaan dan badan bantuan PBB yang bekerja di Gaza. Mereka mengatakan bahwa serangan Israel terhadap pekerja bantuan telah membuat mereka mengambil berbagai tindakan termasuk menghentikan pekerjaan secara berkala, mengurangi jumlah staf di Gaza, atau secara serius membatasi operasi bantuan mereka dengan cara lain.

“Anda dapat membangun dermaga dan mengirimkan kiriman (bantuan kemanusiaan), namun tanpa lingkungan pengoperasian yang aman, tumpukan kiriman itu tidak dapat diserahkan dengan aman untuk membantu orang lain.”

HRW mengatakan pola serangan tersebut, meskipun sudah ada pemberitahuan sebelumnya, menimbulkan pertanyaan serius mengenai komitmen Israel untuk mematuhi hukum kemanusiaan internasional dan hukum perang.

Sebagai informasi, perang Israel di Gaza sejauh ini telah menewaskan sedikitnya 35.173 orang, dan melukai 79.000 lainnya.

Ambulans, rumah sakit, dan bangunan tempat tinggal menjadi sasaran serangan militer Israel selama tujuh bulan, yang telah menghancurkan infrastruktur Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya