Taruna Dewaruci Meriahkan HUT RI di Perancis

Para taruna KRI Dewaruci dalam Upacara HUT RI di Paris, Perancis
Sumber :
  • VIVAnews / Dokumentasi KBRI Paris

VIVAnews - Tetabuhan drumband para taruna kapal layar kebanggaan Indonesia, KRI Dewaruci, menyemarakkan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-65 di Paris, Perancis. Penampilan para kadet dan personil TNI Angkatan Laut itu menjadi daya tarik masyarakat untuk menghadiri upacara yang berlangsung di Wisma Duta, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, Selasa 17 Agustus 2010.

Menurut KBRI Paris, suasana puasa dan cuaca panas tidak  menyurutkan minat masyarakat Indonesia untuk datang mensyukuri hari kemerdekaan RI ini.

Dengan live music persembahan para kadet Dewaruci, suasana upacara seperti di Istana Merdeka, ungkap seorang warga Indonesia yang datang dari Rouen, 200 km dari Paris untuk menghadiri peringatan HUT RI ini. "Setelah hampir 30 tahun mengikuti upacara, baru kali ini kami berkesempatan melihat penampilan taruna Dewaruci," tambahnya.

Masyarakat dihibur oleh kemeriahan alunan lagu-lagu perjuangan dan daerah Indonesia yang dibawakan oleh drumband Gita Jala Taruna kadet TNI AAL KRI Dewaruci. ‘Ini merupakan kesempatan yang langka bagi masyarakat Indonesia di Paris untuk bertemu dengan personil Dewaruci’, kata Stephanus Yuwono, Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Paris, yang bertindak selaku Inspektur Upacara”.

Mengenai perkembangan hubungan bilateral, Yuwono mengungkapkan bahwa Pemerintah Perancis selama ini terus mendukung  dan menghargai pelaksanaan proses demokrasi di Indonesia.

Di bidang ekonomi dan perdagangan, berdasarkan catatan BKPM, pada tahun 2008 investasi Perancis di Indonesia bernilai sejumlah US$164 juta. PAda tahun 2009, angka investasi tersebut mengalami penurunan menjadi US$29 juta.

Namun penurunan tersebut belum memasukkan komitmen investasi di bidang tambang dari Eramet Group Perancis yang jika terealisasi akan mencapai lebih dari US$3 miliar.

Sementara dalam bidang perdagangan, neraca perdagangan RI-Perancis pada tahun 2009 mengalami penurunan sebesar 20 persen dari tahun sebelumnya yang disebabkan oleh krisis ekonomi global. Neraca perdagangan pada tahun 2009 mencapai 2,84 milyar dollar dengan surplus di pihak Indonesia sebesar US$528 juta.

Kunjungan wisatawan Perancis ke Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, yang terlihat dari peningkatan kunjungan turis Perancis pada tahun 2008 sejumlah 128.000 menjadi 152.000 pada tahun 2009.
 
Para kadet dan perwira Dewaruci sebelumnya telah menghibur masyarakat Perancis di kota Le Havre, 4-7 Juli, dan Cherbourg, 14-17 Agustus 2010. Kunjungan KRI Dewaruci ini tidak hanya mempererat hubungan masyarakat kedua negara, namun juga merayakan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Perancis.

Potong Kuku Mulai dari Jari Mana? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat
Skin Age Detector

Menggabungkan Teknologi dan Kecantikan, Era Baru Perawatan Kulit dengan AI

Salah satu keunggulannya adalah kemampuan untuk menyediakan perawatan kulit yang komprehensif, tidak hanya fokus pada aspek estetika atau kecantikan tapi juga kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024