Obama Kunjungi Indonesia 9-10 November

Lawatan Obama ke Asia: Obama dan SBY
Lawatan Obama ke Asia: Obama dan SBY
Sumber :
  • AP Photo/Charles Dharapak

VIVAnews - Setelah dua kali batal berkunjung ke Indonesia, Presiden Amerika Serikat Barack Obama dipastikan akan menyambangi Jakarta bulan depan. Sampai saat ini, belum ada perubahan jadwal dari Gedung putih yang mengindikasikan pembatalan ketiga.

Ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa pada konferensi pers Jumat, 22 Oktober 2010. Belum ada kendala yang akan menyebabkan Obama kembali menunda kunjungannya. “Saya tidak menemukan alasan bagi Obama untuk merubah lagi jadwalnya,” ujar Natalegawa.

Pada November mendatang, Obama dijadwalkan juga akan menyambangi India dalam kerangka peningkatan hubungan bilateral, ke Seoul untuk menghadiri KTT G20, dan Yokohama Jepang, untuk menghadiri pertemuan APEC.

Namun, tanggal pasti kedatangan Obama belum dapat dipastikan, karena masih ada jadwal yang harus diselaraskan dengan ketiga kunjungan Obama tersebut serta jadwal Presiden SBY. Melihat jadwal kedua presiden, Natalegawa memerkirakan Obama datang ke Indonesia tanggal 9 dan 10 November 2010.

“Jika dilihat dari jadwal Presiden SBY dan Obama, tanggal 9 dan 10 adalah tanggal yang baik untuk dilakukan persiapan,” ujarnya seraya mengatakan bahwa persiapan masih terus dilakukan.

Sebelumnya, kunjungan Obama ke Indonesia pada bulan Maret batal karena Obama tengah merampungkan undang-undang kesehatan yang digagasnya. Pada bulan Juni, kunjungan Obama ke Indonesia juga dibatalkan karena Obama sibuk mengurus tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

Kunjungan Obama kali, ujar Natalegawa, adalah kunjungan yang penting bagi hubungan kedua Negara. Dia mengatakan bahwa sebelumnya, hubungan antar menlu juga telah tercipta pada pertemuan September lalu.

“Kunjungan nanti akan menciptakan hubungan yang lebih luas dan dalam antara Indonesia dan Amerika,” ujarnya. (sj)