Ikut Berduka, Ratu Inggris Surati Yudhoyono

Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pemimpin Kerajaan Britania Raya (Inggris), Ratu Elizabeth II, hari ini mengirim surat berisi pesan belasungkawa kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas bencana alam beruntun yang menimpa Mentawai dan Yogyakarta. Pemerintah Inggris pun tengah berkomunikasi dengan Indonesia untuk mengirim bantuan yang diperlukan.

“Saya sangat sedih mendengar berita hilangnya nyawa akibat tsunami pada 26 Oktober, meletusnya Gunung Merapi dan banjir serta longsor di beberapa daerah di Indonesia pada bulan ini," tulis Elizabeth II. "Rasa keprihatinan dan belasungkawa yang mendalam menyertai Anda dan rakyat Indonesia,” lanjut Elizabeth seperti yang diteruskan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta.

Menteri Luar Negeri William Hague juga menyampaikan sebuah surat belasungkawa kepada Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. “Saya sangat sedih mendengar berita tingginya angka kematian dan kerusakan yang disebabkan oleh tsunami di Sumatera bagian barat dan meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta. Rasa prihatin dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya menyertai Anda dan mereka yang telah kehilangan keluarga dan kerabat.”

Sementara itu, Menteri Pembangunan Internasional Andrew Mitchell juga memberi rasa simpati kepada seluruh korban bencana alam di Indonesia. "Kami tengah menjalin komunikasi yang erat dengan Pemerintah Indonesia dan siap membantu jika dibutuhkan,” kata Mitchell.