102 Peziarah Tewas Terinjak-injak

Ratusan peziarah tewas terinjak-injak di India
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Insiden mematikan mewarnai perjalanan pulang para peziarah usai menghadiri festival tahunan Hindu di kota Kochi, negara bagian Kerala, India. Sedikitnya 102 orang tewas dan 70 lainnya terluka akibat terlindas atau terinjak-injak ribuan orang yang panik di hutan pegunungan India selatan.

Petugas polisi, Sanjay Kumar, seperti dilansir dari laman Associated Press, Sabtu, 15 Januari 2011, mengatakan bahwa insiden itu terjadi pada Jumat malam. Peristiwa terjadi di sebuah jalanan sempit di hutan lebat pegunungan Ghat Barat, jalur pulang ratusan ribu peziarah, 80 kilometer dari kuil Sabarimala.

Insiden bermula saat sebuah mobil jeep yang dikendarai seorang peziarah rusak dan melaju ke arah lautan manusia. Beberapa orang tewas akibat terlindas mobil, ratusan ribu peziarah yang panik kemudian berlarian menyelamatkan diri.

Korban tewas kebanyakan mereka yang terjatuh dan terinjak peziarah lainnya. Sebagian, kehabisan nafas. Kumar mengatakan sebanyak lebih dari 70 orang yang terluka telah dilarikan ke rumah sakit. “Kami menemukan 102 korban tewas. Upaya penyelamatan masih dilakukan dan hampir selesai,” ujar Kumar.

Festival tahunan yang berlangsung selama dua bulan di kuil Sabarimala yang terletak di lereng pegunungan Ghat Barat kerap didatangi jutaan umat Hindu dari seluruh India. Sebanyak 2.000 polisi dikerahkan di kuil ini untuk mengamankan situasi. Namun, ternyata insiden terjadi di tempat lain.

Menteri Keuangan Kerala, Thomas Isaac, mengatakan bahwa terdapat lebih dari 150 ribu orang yang pulang dari kuil Sabarimala dan melalui jalur sempit tempat insiden terjadi. Isaac mengatakan bahwa polisi telah dikerahkan ke lokasi untuk mengidentifikasi korban tewas dan mencari kemungkinan adanya korban lainnya.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

“Sejauh ini, telah 56 korban tewas yang berhasil diidentifikasi. Prioritas utama kita saat ini adalah mengidentifikasi korban tewas lainnya dan mengembalikan mereka kepada keluarga,” ujar Isaac.

Insiden puluhan orang tewas terinjak adalah hal yang biasa terjadi pada festival Hindu yang didatangi oleh ratusan ribu orang. Kebanyakan festival diadakan di sebuah kuil dengan luas yang tidak memadai.

Maret tahun lalu, 63 orang tewas terinjak-injak ketika sebuah kuil di negara bagian Uttar Pradesh membagi-bagikan makanan dan pakaian gratis kepada warga miskin. Pada 2008, kejadian serupa terjadi di kuil yang terletak di kaki gunung Himalaya, lebih dari 145 orang tewas. (sj)

3 Tips Sukses bagi Generasi Muda, Panduan Lengkap untuk Meraih Profit Stabil
Pelita Jaya memastikan tiket ke putaran final BCL Asia 2024

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

PP Perbasi mengapresiasi tim Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang berhasil lolos ke babak utama Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024