Pagar Perbatasan AS-Meksiko Mudah Dipanjat

Dua perempuan memanjat pagar perbatasan AS - Meksiko
Sumber :
  • YouTube

VIVAnews - Anggaran jutaan dolar dari pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk membangun pagar di sepanjang perbatasan AS-Meksiko dinilai sebagian kalangan sudah berlebihan. Terbentang puluhan kilometer, pagar itu tidak efektif mencegah pelintas ilegal dari Meksiko karena bisa dipanjat dengan mudah dalam hitungan detik, bahkan oleh perempuan sekalipun.

Ini terlihat dalam cuplikan suatu video yang disebarkan di laman YouTube, yang dipantau oleh stasiun televisi Fox News, Selasa 18 Januari 2011. Video itu dibuat awal Desember tahun lalu dan telah dilihat oleh lebih dari 400.000 orang.

Pembuat video, Roy Germano, ingin menunjukkan bahwa pagar perbatasan, yang memakan biaya hingga US$4 juta (sekitar Rp36 miliar) per mil, dapat dengan mudah dipanjat.

Video itu memperlihatkan dua orang perempuan adu cepat memanjat pagar perbatasan setinggi enam meter. Wanita pertama memenangkan perlombaan dengan memanjat dalam waktu hanya 18 detik, hanya terpaut dua detik dari wanita kedua. Hal ini menunjukkan bahwa pagar jutaan dolar tidak didesain dengan baik.

“Uang dalam jumlah besar dikeluarkan untuk pagar ini, dan kita tidak melihat perkembangan apapun. Yang diperlukan di perbatasan adalah kombinasi predator berteknologi tinggi, tambahan petugas, dan pagar berlapis dua,” ujar pengacara imigran di negara bagian Houston, Cesar Espinosa.

Videonya dapat dilihat di tautan ini.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024
Waketum Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo

Beri Selamat ke Prabowo-Gibran, Perindo Sampaikan 4 Sikap

Wakil Ketum Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo menyampaikan sikap partai mewakili Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo, pasca keputusan MK dan penetapan Prabowo-Gibran pemenang

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024