Di Irak, Mau Jadi Polisi Malah Dibom

Korban pengeboman di Tikrit, Irak, 18 Januari 2011
Sumber :
  • AP Photo/Salah Al-Din via APTN

VIVAnews - Serangan bom bunuh diri terjadi di pusat perekrutan polisi kota Tikrit, provinsi Salaheddin, Irak, Selasa, 18 Januari 2011. Sedikitnya 65 orang tewas dan 160 lainnya terluka.

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

Menurut stasiun televisi CNN, ledakan diduga berasal dari rompi berisi bahan peledak yang dikenakan oleh seseorang, yang seolah-olah ikut mendaftar menjadi polisi. Dilaporkan, kala itu berkumpul ratusan pemuda Tikrit untuk mendaftar masuk kepolisian. Pelaku juga sempat dimarahi karena menyerobot antrian.

Bom meledak tepat di tengah kerumunan ratusan orang tersebut, membuat jumlah korban yang jatuh sangat besar. Ledakan juga menyebabkan pom bensin di dekat kantor polisi terbakar.

Rumah sakit umum kota Tikrit dilaporkan kewalahan menangani banyaknya korban yang jatuh. Beberapa dari korban akhirnya dirujuk ke rumah sakit d kota Irbil dan Kirkuk. Mesjid-mesjid di sekitar lokasi mengumumkan melalui pengeras suara bagi mereka yang ingin mendonorkan darahnya kepada korban, karena pasokan darah di rumah sakit kurang.

Wakil Gubernur Salaheddin, Ameen Mohammed, mengatakan bahwa petugas keamanan di daerahnya kini dalam keadaan siap siaga, khawatir terdapat serangan susulan. Dia juga mengumumkan tiga hari sebagai hari berkabung di provinsi tersebut.

Belum ada pihak yang mengklaim telah melakukan peledakan ini. Namun kemungkinan besar pelakunya adalah anggota Al-Qaeda di Irak. Kelompok ini terkenal sering melakukan serangan bunuh diri dengan modus serupa di negara tersebut.

Di Irak, tentara dan polisi, berikut fasilitas mereka, kerap menjadi sasaran teror. Pada 17 Agustus 2010, sedikitnya 61 orang tewas dan 125 lainnya luka-luka akibat serangan bom.

Menurut kantor berita Associated Press, para korban adalah calon tentara Irak yang mendaftar di luar gedung pusat perekrutan tentara di markas Divisi ke-11 Angkatan Darat Irak, yang terletak di Baghdad.

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka
Drama Korea Night Has Come

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

Teruntuk para penggemar drama Korea (Drakor) bergenre misteri dan thriller, drama Night Has Come wajib masuk ke dalam daftar nonton untuk mengisi waktu luang!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024