Presiden China Hu Jintao Dijamu Mewah di AS

Presiden Hu Jintao disambut Barack Obama dan istri di Gedung Putih
Sumber :
  • AP Photo/Carolyn Kaster

VIVAnews - Resepsi makan malam kenegaraan dalam rangka menyambut Presiden China, Hu Jintao, digelar dengan mewah di Gedung Putih, Amerika Serikat.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

Berlangsung Rabu malam waktu setempat (Kamis pagi WIB), Presiden Barack Obama dan istri juga mengundang ratusan tamu. Mereka adalah para pejabat tinggi, kaum eksekutif perusahaan terkemuka, hingga para selebritas Hollywood.

Menurut kantor berita Associated Press, Hu disambut Obama dan istri, Michelle. Malam itu, Obama mengenakan setelan tuksedo dan Michelle mengenakan gaun berwarna merah buatan desainer kondang Inggris, Alexander McQueen.

Para undangan mulai berdatangan di sayap utara Gedung Putih. Malam itu dilaporkan sebanyak 225 tamu undangan memadati tiga ruangan di Gedung Putih. Obama dan Hu Jintao serta tamu-tamu utama berada di ruang makan kenegaraan, sementara sisanya tersebar di ruang merah dan ruang biru. Lalu semua tamu berkumpul di ruang Timur untuk melihat hiburan yang disediakan.

Tetamu yang diundang oleh Gedung Putih terdiri dari orang-orang penting AS, di antaranya adalah para pengusaha, mantan Presiden, dan para pejabat. Bintang Hollywood dan para orang terkenal keturunan China juga diundang. Diantaranya adalah bintang laga Jackie Chan, artis Maya Lin, desainer Vera Wang dan atlet seluncur es Michelle Kwan. Bintang pop terkenal Barbra Streisand dan suaminya, James Brolin juga hadir.

Pada jajaran pengusaha, hadir CEO Microsoft, Steven Ballmer dan CEO JP Morgan Chase & Co., Jamie Dimon. Mantan Presiden Bill Clinton dan Jimmy Carter juga termasuk dalam daftar yang hadir.

Pada jamuan makan malam, hidangan yang dihadirkan sengaja dipilih yang khas Amerika. Pihak Gedung Putih mengatakan bahwa tema ini adalah permintaan dari para delegasi China. Untuk itu, Obama dikabarkan memboyong chef kenamaan dari luar Gedung Putih ketimbang memakai juru masak domestik.

Makanan khas Amerika yang dihidangkan mulai dari salad pir dengan keju sampai es krim dan pie apel, yang terakhir ini adalah favorit Obama.

Untuk hiburan, Gedung Putih telah mengundang para artis jazz kenamaan, di antaranya adalah pemain terompet Chris Botti, penyanyi peraih dua kali Grammy Award, Dee Dee Bridgewater, Lang lang dan empat kali peraih Grammy, Dianne Reeves.

Jamuan makan malam ini yang pertama bagi Hu sejak 2006 lalu. Pada kunjungan lima tahun lalu tersebut, Hu tidak dijamu dengan jamuan makan malam oleh mantan Presiden George W Bush. Hal ini langsung menjadi buah bibir di kalangan media China, yang menyebut jamuan tersebut merupakan penghinaan terhadap Hu.

Menurut media China, jamuan makan siang tidak pantas bagi kepala negara China yang menganggap makan malam adalah sebuah penghormatan. Bush kala itu tidak menjamu Hu makan malam untuk menyuarakan protes warga AS mengenai banyaknya pelanggaran HAM yang dilakukan China. (umi)

Anies Baswedan dan Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Presiden terpilih Prabowo Subianto sudah mendatangi markas PKB pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024