Obama: Mubarak Harus Transisi Sekarang Juga

Barack Obama memandang patung Sphinx di luar kota Kairo, Mesir
Sumber :
  • AP Photo/Gerald Herbert

VIVAnews - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, menghendaki agar Presiden Hosni Mubarak harus secepatnya melakukan transisi pemerintahan di Mesir. Obama juga menyatakan bahwa Amerika mendengar kehendak para pemrotes di Mesir yang menuntut Mubarak mundur dari jabatannya setelah 30 tahun memerintah.

Menurut kantor berita Associated Press, pernyataan Obama itu disampaikan setelah dia bertelepon dengan Mubarak dari Gedung Putih, Selasa malam waktu setempat (Rabu pagi WIB). "Transisi itu harus sungguh-sungguh, harus berjalan damai, dan harus dimulai sekarang," kata Obama.

Sebelumnya, Mubarak menyatakan bahwa dia tidak akan mundur hingga masa jabatannya berakhir pada September tahun ini. Namun, mantan perwira angkatan udara yang telah berusia 82 tahun itu berjanji tidak lagi mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilihan umum mendatang.

Pernyataan Mubarak itu lagi-lagi tidak memuaskan para demonstran, yang tetap menuntut dia mundur secepatnya. Dalam demonstrasi kemarin, jutaan warga Mesir berkumpul di Kairo dan kota-kota dengan tuntutan yang sama, meminta Mubarak mundur dan segera dibentuk pemerintah baru untuk memperbaiki situasi ekonomi yang memburuk.

Obama pun tampak sependapat dengan tuntutan para pemrotes di Mesir. Menurut Obama, Mubarak "menyadari bahwa status quo tidak akan bisa terus berlangsung dan perubahan harus terjadi."   

Menurut Obama, transisi harus merangkul semua faksi politik di Mesir. "Kepada rakyat Mesir, terutama kaum muda, saya ingin tegaskan bahwa kami mendengar suara kalian. Saya sangat yakin kalian akan menentukan masa depan bangsa kalian sendiri," lanjut Obama.

Namun, Obama menyatakan bahwa AS tidak akan campur tangan atas perubahan kepemimpinan di Mesir. "Bukan urusan negara lain untuk menentukan pemimpin Mesir," kata Obama. Dia selanjutnya berharap bahwa akan ada proses menuju pemilu yang bebas dan adil bagi rakyat Mesir.  


OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife
Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pabrikan otomotif asal China, Wuling akan memeriahkan pameran PEVS 2024 dengan menampilkan lini kendaraan listrik, salah satunya Wuling Cloud EV.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024